Kemenkumham Sumbar Gelar Sosialisasi Layanan AHU

Padang, Padangkita.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatra Barat (Sumbar) menggelar sosialisasi layanan administrasi hukum umum (AHU). Acara berlangsung di Hotel Novotel, Kota Bukittinggi, Kamis-Jumat (10-11/3/2022).

Bertemakan “Peningkatan Peran Pers dalan Penyebarluasan Informasi Layanan AHU di Wilayah”, peserta acara terdiri atas puluhan jurnalis, perwakilan humas dan protokol pemerintah daerah, dan sebagainya.

Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya mengatakan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan penyebarluasan informasi soal layanan AHU kepada masyarakat.

Menurutnya, masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui dengan baik apa saja layanan AHU di Kanwil Kemenkumham Sumbar. Untuk itu, pihaknya pun menggandeng media massa untuk menyosialisasikannya ke masyarakat.

“Lembaga pers merupakan mitra bagi pemerintahan dan penyebarluasan informasi publik, termasuk Kemenkumham Sumbar. Untuk meningkatkan penyebarluasan informasi layanan AHU kepada masyarakat, maka kita pun menggelar acara sosialisasi ini,” ujarnya, Kamis (10/3/2022).

Dia menuturkan, pemerintah harus mampu menjalin komunikasi yang efektif kepada masyarakat terhadap informasi yang dibutuhkan. Apalagi Indonesia merupakan negara demokrasi yang menjamin kemerdekaan berpendapat.

“Untuk itu, selain untuk menyampaikan informasi, pers juga menjadi sarana bagi warga negara untuk menyampaikan pendapatnya,” ungkap Andika.

Dia menyampaikan, Kanwil kemenkumham mengemban amanah memberikan layanan hukum dan HAM kepada masyarakat dalam rangka perumusan aturan daerah, memberikan bantuan hukum kepada masyarakat terutama yang berada dalam kondisi tidak mampu, maupun informasi lainnya.

“Penyebaran informasi tentang layanan apa saja yang ada di instansi kami, tidak akan maksimal tanpa adanya penyebaran informasi oleh media. Kami mengharapkan melalui kegiatan ini dapat mendorong penyebarluasan informasi tersebut,” sebutnya.

Dia menerangkan, layanan AHU merupakan salah satu layanan yang di Kanwil Kemenkumham Sumbar. Layanan AHU yang diberikan yaitu di bidang layanan publik di Kemenkumham, seperti persetujuan untuk memberikan izin tinggal kepada masyarakat, fungsi kewarganegaraan, dan sebagainya.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sumbar Gelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing

Kemudian, di bidang lembaga pemasyarakatan, Kanwil Kemenkumham Sumbar memberikan pembinaan kepada warga binaan. Lalu, di bidang pelayanan hukum, Kemenkum HAM mengurus permasalahan partai politik, kewarganegaraan, tugas kesekretariatan, tugas pegawai negeri sipil, hak kekayaan intelektual, dan sebagainya. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist