Kemenag Bagikan Beasiswa Senilai Rp161 M untuk Mahasiswa Tahun ini, Berikut Jenis-jenisnya

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, (PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI (Kemenag) mulai membuka pendaftaran sejumlah beasiswa untuk Tahun Anggaran 2022.

Dalam keterangannya, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof. Dr. Suyitno menyampaikan, beasiswa tersebut merupakan dalam rangka memberikan apresiasi dan akses kepada anak bangsa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik tapi berasal dari keluarga dalam kategori ekonomi rendah atau yangs sering disebut kurang mampu.

Maka, lanjut guru besar UIN Raden Fatah Palembang ini menjelaskan, pemerintah melalui Kemenag memberikan peluang beasiswa yang seluas-luasnya kepada mahasiswa PTKI.
“ini kita buka selebar-lebarnya bagi mahasiswa yang kuliah di kampus UIN, IAIN dan STAIN,” tukas Suyitno dilansir Padangkita.com, Rabu (8/6/2022).
Lebih lanjut, Direktur PTKI menjelaskan bahwa beberapa beasiswa yang akan dibuka antara lain yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Tahfidz Qurán, Beasiswa Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA), Beasiswa Adiktis dan Bantuan Lembaga Kemahasiswaan, lanjut Suyitno.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, Dr. Syafi’I menambahi bahwa untuk tahun 2022, Kemenag akan menggelontorkan kurang lebih Rp161 miliar untuk sejumlah bantuan beasiswa tersebut di atas baik yang on going maupun rekrutmen baru.

Melalui beasiswa ini, lanjut Syafi’i, diharapkan mahasiswa PTKI dapat menangkap dan memanfaatkan peluang berharga ini.  Sesuai dengan rencana, Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Tahfidz Qurán, dan Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) yang akan dibuka tanggal 6 Juni 2022 hingga 30 Juni 2022.

Kasi Kemahasiswaan, Amiruddin Kuba, MA., menambahkan bahwa khusus untuk Beasiswa KIP Kuliah, Kementerian Agama menyiapkan sebanyak 17.615 kuota dengan rincian 13.070 untuk PTKIN dan 4.545 untuk PTKIS.

Baca Juga: Ada Beasiswa BPDPKS 2022 untuk 1.000 Siswa, Begini Alur Pendaftarannya 

Sedangkan Beasiswa Tahfidz Qurán kurang lebih 1.000 kuota dan BPPA sekitar 3.000 kuota. Beasiswa ini dapat diakses di aplikasi yang telah disiapkan yang akan disampaikan melalui pengumuman resmi ditautan berikut ini, silakan di klik:  Pengumuman KIP Kuliah, Beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik dan Beasiswa Tahfidz Al Qur’an. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist