Kecelakaan Beruntun di Sitinjau Lauik, Berawal dari Mobil Tangki Pertamina Rem Blong

Padang, Padangkita.com – Kecelakaan beruntun melibatkan empat kendaraan terjadi di jalan lintas Padang – Solok, persisnya di Sitinjau Lauik, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang, Jumat (2/9/2022) malam.

“Kecelakaan terjadi di jalan di penurunan Panorama II sekitar pukul 21.20 WIB,” ujar Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Lija Nesmon saat dihubungi Padangkita.com, Sabtu (3/9/2022).

Kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu yaitu mobil tangki Pertamina, sedan, minibus, dan mobil box tronton.

Dia menuturkan, sebelum kecelakaan terjadi, kondisi arus lalu lintas macet panjang. Hal tersebut karena ada pembersihan material longsor yang menutupi sebagian badan jalan di Sitinjau Lauik dengan alat berat.

“Karena volume kendaraan yang datang dari Kota Padang maupun dari arah Kota Solok cukup padat dan banyaknya unit kendaraan yang tidak sabar menunggu antrian sehingga menyebabkan terjadi kemacetan yang cukup panjang,” jelasnya.

Sebelumnya, sekira pukul 20.00 WIB, arus lalu lintas sudah bisa dilewati. Namun, karena banyak kendaraan, arus lalu lintas menjadi macet, polisi lalu melakukan penguraian.

“Dan, pada saat dilakukan penguraian arus lalu lintas sekira pukul 21.20 WIB terjadi laka lantas tabrakan beruntun yang terjadi di jalan penurunan di atas Panorama 2,” jelas Lija.

Saat arus lalu lintas yang datang dari Solok dibuka satu per satu, kendaraan yang antri diatur untuk turun menuju Kota Padang.

“Saat proses pengaturan tersebut tiba-tiba datang mobil tangki Pertamina yang sudah kosong muatannya meluncur menghantam dua unit mobil pribadi jenis sedan dan minibus,” sebutnya.

“Dikarenakan mobil tangki Pertamina tersebut mengalami tekor angin sehingga menyebabkan rem blong serta mobil hilang kendali. Kemudian kedua unit mobil pribadi tersebut menabrak mobil box tronton dan datang dari kota Padang menuju Solok. Dan, saat itu mobil yang terlibat kecelakaan terhenti,” imbuh Lija.

Setelah dicek ternyata kedua unit mobil pribadi yang dihantam oleh mobil tangki Pertamina tersebut nihil membawa penumpang hanya sopirnya saja. Akibat dari kejadian tersebut arus lalin kembali macet.

“Setelah dilakukan evakuasi terhadap unit kendaraan yang terlibat kecelakaan arus lalin sudah dapat berjalan normal kembali. Dan, kejadian tersebut nihil korban jiwa hanya kerugian materil,” sebutnya.

Baca Juga: Sitinjau Lauik Longsor Lagi, Jalan Padang – Solok Lumpuh Total

Sekira pukul 23.00 WIB, arus lalu lintas di Jalan Raya Sitinjau Laut sudah normal dan dapat dilewati dua arah. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist