Kebakaran Lahan Gambut di Tanjung Mutiara Agam Meluas

Penulis: Ramono Aryo

Berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini: kebakaran lahan gambut di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam meluas

Lubuk Basung, Padangkita.com – Sekitar 9,5 hektare lahan gambut di Jorong Aia Maruok, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darusalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam terbakar.

Lahan gambut yang ditanamani kelapa sawit tersebut mulai terbakar sejak 12 Februari 2021 lalu.

“Lahan itu milik Brigjen TNI Purn Dasiri Musnal yang terbakar seluas 5,5 hektar dan milik Jarot 4 hektar,” kata Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal, dilansir dari AMC, Rabu (24/2/2021).

Ia mengatakan, setelah dilakukan penanganan api sempat padam, tapi mengingat cuaca panas dan angin kencang, titik api kembali muncul membakar lahan sekitar kawasan yang terbakar sebelumnya.

Hingga kini, tim yang terdiri dari BPBD, Satpol PP-Damkar, Polsek, KPHL Agam Raya, PMI dan pemilik lahan masih berjibaku melakukan pemadaman api yang begitu sulit untuk dikendalikan.

“Namun kita alami kesulitan untuk padamkan api, selain akses ke lokasi yang sulit, sumber air juga minim dan cuaca panas disertai angin. Sehingga pemadaman jadi kurang efektif,” katanya.

Mengingat berbagai kendala yang ditemui, menurutnya penanganan dilakukan hingga beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumbar Telah Capai 25 Hektare di Sejumlah Kawasan, Ini Rinciannya

Sebelumnya, berjarak sekitar 2 kilometer dari lahan itu, juga terjadi kebakaran lahan seluas 15 hektar dan sudah berhasil ditangani. [*/abe]


Baca berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist