Kebakaran di Hutan Lindung Ngalau Seribu Harau meluas ke Lahan Karet Warga

|
Editor: Redaksi

Berita Limapuluh Kota hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kbakaran hutan lindung di Ngalau Seribu Harau di Jorong Harau merambat ke lahan karet warga

Sarilamak, Padangkita.com– Kawasan hutan lindung Ngalau Seribu Harau di Jorong Harau, Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu pagi (24/2/2021), kembali terbakar. Api bahkan sampai membesar ke lahan karet warga.

“Benar. Setelah kebakaran pada Rabu (17/2/2021) dan Kamis (18/2/2021). Pada Rabu siang ini (24/2/2021), kawasan Ngalau Seribu Harau kembali terbakar,” kata Manajer Pusat Pengendali Operasi dan Penanggulangan

Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Limapuluh Kota, Rahmadinol, kepada wartawan. Ia menyebutkan, lokasi kebakaran di Ngalau Seribu Harau pada Rabu ini (24/2/1986), masih berdekatan dengan lokasi yang terbakar sebelumnya. Hanya saja, lokasi yang terbakar saat ini sudah lebih dekat ke kebun karet warga.

“Ada lahan karet warga juga yang ikut terbakar. Tapi, api sudah dapat dipadamkan oleh tim gabunga Damkar Limapuluh Kota, BPBD Limapuluh Kota, dan Kehutanan Provinsi,” ujar Rahmadinol.

Dia menyebut, proses pemadaman api kali ini, sudah dapat dilakukan dengan alat pemadam kebakaran.

“Untuk sementara, api sudah padam,” ujarnya.

Sebelumnya atau pada Rabu (17/2/2021) dan Kamis (18/2/2021) pekan lalu, luas hutan lindung yang terbakar di kawasan Ngalau Seribu Harau, mencapai empat hektare.

Baca juga: Update Covid-19 Sumbar 21 Februari: Pasien Sembuh Bertambah 71 Orang, Terbanyak di Padang dan Limapuluh Kota

Pemadaman api pada kebakaran pekan lalu, dipimpin oleh Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Ferry Lahe. Hanya saja, kebakaran saat itu baru dapat dipadamkan secara manual karena lokasi yang berada di puncak bukit. (pkt)


Baca berita Limapuluh Kota hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist