Kawal Covid-19 Sumbar Buka Donasi Bantu Laboratorium Unand Periksa Swab, Dana Terkumpul Sudah Rp60 Juta

Padang, Padangkita.com – Tim Kawal Covid-19 Sumatra Barat (Sumbar) membuka donasi untuk membantu biaya operasional pemeriksaan swab PCR di Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand).

Hal tersebut karena laboratorium pimpinan Dokter Andani Eka Putra tersebut membutuhkan uluran tangan untuk membiayai pelaksanaan laboratorium.

Sebagai informasi, sebelumnya beredar kabar di media sosial bahwa laboratorium itu terpaksa membuka donasi karena tidak adanya pendanaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

Yul Akhyari Sastra, salah seorang inisiator Tim Kawal Covid-19 Sumbar, mengatakan pihaknya telah mendatangi laboratorium tersebut untuk mendapatkan kebenaran informasi.

“Kita komunikasi dengan pihak di sana. Memang begitulah keadaannya. Sudah tujuh bulan laboratorium tidak mendapatkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah,” jelasnya saat konferensi pers di salah satu kafe di Kota Padang, Selasa (3/8/2021).

Padahal, terang dia, Laboratorium FK Unand setiap hari selalu memeriksa ribuan sampel swab yang dikirim oleh pemerintah daerah di kabupaten/kota.

Hasil pemeriksaan sampel swab tersebut dibutuhkan untuk mengetahui masyarakat yang terpapar Covid-19 sehingga bisa langsung menjalani isolasi. Alhasil, mata rantai penularan Covid-19 di Sumbar bisa terputus.

Namun, sejak tahun ini, dana bantuan dari Pemprov untuk laboratorium tidak ada lagi. Yul mengatakan pihaknya tidak ingin menyalahkan siapa pun dalam hal ini.

Namun, sebagai bagian dari masyarakat, dirinya bersama rekan-rekan yang lain yang tergabung dalam Tim Kawal Covid-19 Sumbar tergerak untuk membantu Laboratorium FK Unand.

Pihaknya pun hari ini membuka donasi untuk membantu biaya pemeriksaan swab di Laboratorium FK Unand.

Sejak dibuka siang tadi hingga sore ini sudah terkumpul dana Rp60 juta. Dia pun mengajak masyarakat, perantau, dan diaspora Minang untuk membantu memberikan donasi.

“Kita ingin sampaikan ini adalah gerakan moril karena labor ini sangat vital bagi penanganan Covid-19 di Sumbar. Kita tidak bisa bayangkan kalau labor ini tutup, bagaimana penanganan Covid-19 di Sumbar,” jelas Yul.

Dia menerangkan bagi masyarakat yang ingin membantu, bisa mengirimkan uang lewat nomor rekening 111008888667 atas nama Sari Lenggogeni via Bank Mandiri.

Bantuan yang terkumpul akan diberikan kepada pihak laboratorium. “Insyaalah bantuan yang terkumpul akan kita pertanggungjawabkan,” sampainya.

Baca Juga: Ombudsman Sumbar Sorot Kinerja Pemprov dalam Tanggulangi Covid-19

Sebagai informasi, Tim Kawal Covid-19 Sumbar merupakan gerakan moril masyarakat yang membantu dan mengawasi pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Gerakan ini sudah berjalan sejak 2020. [fru]

Terpopuler