Kasus Positif Melonjak Tajam, Rutan Batusangkar Lockdown

Penulis: Antoni Putra
|
Editor: Zulfikar

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kasus positif melonjak tajam, Rutan Batusangkar ditetapkan lockdown untuk sementara waktu.

Batusangkar, Padangkita.com – Kasus positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tanah Datar melonjak tajam. Hari ini, Kamis (6/5/2021) dilaporkan sebanyak 78 warga Tanah Datar positif Covid-19.

Penambahan 78 kasus positif itu terdiri dari 44 warga binaan dan sembilan petugas Rumah Tahanan (Rutan) Batusangkar. Lalu, sebanyak 25 warga yang berasal dari berbagai kecamatan di Tanah Datar.

Datar dari Satgas percepatan penanganan Covud-19 Tanah Datar, 25 warga yang positif itu tersebar di beberapa kecamatan, di antaranya yaitu Kecamatan Batipuh, Tanjung Emas, Lima Kaum, X Koto, Padang Ganting, Sungai Tarab, dan Lintau Buo.

Tidak hanya itu, hari ini juga dilaporkan seorang pasien positif Corona di Tanah Datar meninggal dunia, dan lima pasien positif sembuh.

Bertambahnya 78 kasus positif di Tanah Datar itu, maka total kasus positif yang ditemukan telah mencapai 1.585 orang, 1.311 di antaranya sudah dinyatakan sembuh, dan meninggal dunia 52 orang.

Kemudian, untuk kasus suspek tercatat sebanyak 22 orang.

Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka putra mengatakan, adanya lonjakan kasus positif Covid-19 ini, untuk sementara Rutan Batusangkar diputuskan untuk lockdown.

“Kita sudah koordinasi intensif dengan pihak Rutan. Maka disepakati seluruh napi yang positif dipisahkan dengan tahanan lain, tapi tetap di Rutan yang sama,” ujar Eka, Rabu (5/5/2021) malam.

Tidak hanya itu, Eka menegaskan, bahwa testing dan tracing akan semakin digencarkan, dan tidak ada masalah jika nanti banyak kasus positif yang ditemukan, karena bisa diantisipasi lebih cepat.

Baca juga: Kasus Positif Corona Sumbar Bertambah 417 Orang, di Tanah Datar Melonjak Tajam

“Teorinya, semakin banyak testing, maka akan semakin banyak kasus. Ini lebih baik dari pada sedikit testing dan sedikit kasus,” kata Eka. [zfk]


Baca berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist