Kasus Pertama di Solok Selatan, Seorang ASN Positif Corona Dilaporkan Meninggal Dunia

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Padang Aro, Padangkita.com – Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) dilaporkan meninggal dunia di Kabupaten Solok Selatan, Rabu (11/11/2020).

Kasus pasien positif Corona meninggal dunia ini merupakan kasus pertama yang ditemukan di Solok Selatan.

Baca Juga

Dengan demikian, dari 19 kabupaten dan kota di Sumatra Barat (Sumbar), hingga saat ini hanya satu daerah lagi yang tidak ditemukan adanya kasus pasien positif Corona yang meninggal dunia, yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan, Novirman menyebutkan, ASN positif Corona yang dilaporkan meninggal dunia itu seorang perempuan berinisial NP, umur 54 tahun.

Pasien itu, jelas Novirman, menghembuskan napas terakhirnya hari ini, Rabu (11/11/2020) pukul 07.00 WIB saat menjalani perawatan di Rumah Sakit M. Natsir.

“Beliau diketahui positif terinfeksi Corona berdasarkan hasil tes PCR pada tanggal 10 November 2020,” ujarnya, Rabu (11/11/2020).

Awalnya, jelas Novirman, Almarhumah NP dirujuk dari Puskesmas Lubuk Gadang ke RS M. Natsir pada tanggal 9 November 2020 pukul 09.00 WIB. Ia dirujuk atas permintaan sendiri.

Saat itu, pasien diagnosa mengalami Demam Thypoid yaitu penyakit infeksi yang disebabkan oleh Salmonella thypi dan Salmonella parathypi. Penyakit ini ditularkan melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kuman salmonella hidup pada suhu tubuh manusia, namun mati pada suhu tinggi.

Kemudian, dalam perjalanan tingkat kesadaran pasien menurun, lalu singgah di Puskesmas Sirukam untuk mengganti tabung oksigen.

Baca juga: Pasien Positif Corona Meninggal Dunia Bertambah 5 Orang, Tersebar di 5 Kabupaten dan Kota di Sumbar

“Saat itu masih pukul 11.00 WIB. Setelah oksigen diganti, dialnjutkan perjalanan ke RS M. Natsir dan sampai pada pukul 12.00 WIB,” paparnya.

Lalu, untuk pemulasaran jenazah, Novirman mengaku sudah dilakukan sesuai standar protokol kesehatan Covid-19. [zfk]


Baca berita Solok Selatan terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler