Kasus Infeksi Corona Terus Bertambah di Pessel, Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di RSUD M Zein Penuh

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Ruang isolasi dan perawatan untuk pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sudah terisi penuh.

Sebanyak 19 tempat tidur khusus untuk pasien positif Corona, seluruhnya telah ditempati. Bahkan, di dalam satu ruangan isolasi sudah dihuni oleh dua sampai tiga orang.

Direktur Utama RSUD M Zein Painan, Sutarman mengatakan penuhnya ruang isolasi itu, seiring dengan peningkatan kasus infeksi Covid-19 di Pesisir Selatan.

Kini, direncanakan penambahan ruang isolasi dengan memanfaatkan ruang VIP rumah sakit yang berada di lantai tiga.

“Iya betul, ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di Rumah Sakit M Zein Painan telah penuh. Pasien Covid-19 kita terus bertambah. Sementara, ruang isolasi yang kita punya sangat terbatas. Kita berencana untuk menambah tempat isolasi menggunakan ruang VIP di lantai tiga,” jelas Sutarman kepada Padangkita.com, Rabu (14/7/2021) di Painan.

Agar tak ikut terpapar Corona, ia menyebutkan petugas medis yang bertugas melakukan perawatan bagi pasien Corona selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kewaspadaan lebih ditingkatkan agar terhindar dari paparan Covid-19.

“Tentunya, sesuai protap-lah. Petugas kita terus displin menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tuturnya.

Ia juge mengungkapkan, sebagian pasien yang menjalani isolasi di RS M Zein Painan ada yang dirujuk ke rumah sakit di Kota Padang. Mereka yang dirujuk merupakan pasien yang memiliki gejala berat.

Guna mengantisipasi tidak terjadi lonjakan pasien di rumah sakit, Sutarman mengimbau ratusan masyarakat positif Covid-19 yang menjalani isolasi di rumah dapat menerapkan protokol kesehatan lebih displin.

Sebab, hingga kini, daya tampung untuk isolasi pasien positif di RS M Zein Painan tidak bisa diisi lagi karena penuh.

“Saya mengimbau, kalau dapat yang isolasi mandiri itu, jangan abai dengan protokol kesehatan. Jangan keluar rumah dulu, tetap pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak atau tidak kontak erat dengan anggota keluarga,” ulasnya.

Sementara, per 15 Juli 2021, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Pessel mencatat, jumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 telah mencapai 2.223 orang.

Baca juga: Pessel Perbarui Data Sasaran Vaksinasi Covid-19, Target 420.625 Orang Mesti Dicapai Akhir 2021, Ini Rinciannya

Dari jumlah itu, pasien yang sembuh sebanyak 1.868 orang dan meninggal dunia 71 orang. Kasus aktif sebanyak 284 orang tengah menjalani isolasi di rumah dan dirawat di Rumah Sakit M Zein Painan dan rumah sakit di Kota Padang. (nik/pkt)

Terpopuler