Kasus Harian Covid-19 di Sumbar Catat Rekor Terbanyak, Lonjakan Terjadi di Padang dan Pariaman

Penulis: MF Zikri

Berita Kota Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 di Sumbar hari ini catatkan rekor terbanyak

Padang, Padangkita.com – Warga Sumatra Barat (Sumbar) yang terinfeksi Covid-19 bertambah lagi 91 orang, Senin (31/8/2020). Jumlah kasus harian ini, menjadi rekor terbanyak sejak kasus pertama dicatat Marel lalu. Dengan tambahan 91 kasus ini, secara kumulatif jumlah warga Sumbar yang positif Covid-19 menjadi 2.158 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal melaporkan, selain tambahan kasus positif, juga ada tambahan pasien yang sembuh sebanyak sembilan orang. Sehingga total jumlah pasien yang sembuh menjadi 1.203 orang.

Tambahan 91 kasus hari ini, kata Jasman, berasal dari enam daerah, paling banyak tetap dari Kota Padang, 40 orang, menyusul Kota Pariaman 36 orang, Kabupaten Padang Pariaman 8 orang, Kabupaten Agam 5 orang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) 1 orang, dan Kabupaten Solok Selatan (Solsel) 1 orang.

Temuan kasus positif dan pasien sembuh ini berdasarkan pemeriksaan 1.988 sampel spesimen oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang.

Selain Kota Padang yang tetap menambah kasus paling banyak, yang mengejutkan adalah lonjakan kasus di Kota Pariaman.

Baca juga: Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa dan Sekda Padang Amasrul Dilaporkan Positif Covid-19

Namun, sejauh ini belum dijelaskan lonjakan kasus di Kota Pariaman berasal dari klaster mana. Yang pernah terjadi sebelumnya, di Kota Pariaman dan Padang Pariaman adalah klaster Mapolres setempat.

Baca juga: Sekda Kota Padang Amasrul yang Positif Covid-19 Baru Pulang dari Jakarta

Jasman yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumbar, menyebutkan laporan Covid-19 di Sumbar ini baru bersifat sementara dan akan diperbarui lagi dengan data yang lebih rinci sore nanti. [*/pkt]


Baca berita Kota Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com