Kasus Covid-19 di Sumbar Bertambah 142 Orang, Terbanyak dari Padang, Pessel dan Agam

Penulis: Mentari Tryana

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Kasus harian Covid-19 Sumbar bertambah 142 orang, total menjadi 3.644 orang.

Padang, Padangkita.com – Kasus harian Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) masih terus bertambah di atas seratus kasus. Hari ini, Selasa (15/9/2020), kasus Covid-19 bertambah 142 orang, sehingga secara kumulatif jumlah kasus Covid-19 di Sumbar menjadi 3.644 orang.

Pasien yang sembuh bertambah 27 orang, sehingga totalnya menjadi 1.831 orang. Tidak ada tambahan pasien yang meninggal dunia yang dilaporkan Gugus Tugas Covid-19 Sumbar pagi ini. Jumlahnya tetap 74 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rijal menyebutkan, tambahan 142 kasus pagi ini berasal dari 10 daerah dan pemeriksaan melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Daerah yang paling banyak mencatat kasus baru tetap Kota Padang 73 orang, menyusul Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) 24 orang, Kabupaten Agam 14 orang, dan Kabupaten Padang Pariaman 11 orang.

Berikutnya dari Kota Bukittinggi 7 orang, Kabupaten Limapuluh Kota 3 orang, Kota Pariaman 2 orang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) 2 orang, Kabupaten Tanah Datar 1 orang, Kota Solok 1 orang, dan dari BIM 4 orang.

Tambahan kasus positif dan pasien sembuh (negatif) ini berdasarkan pemeriksaan dari 2.383 sampel spesimen oleh tim Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang dan Laboratorium Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Baso, Agam.

“Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand memeriksa 2.167 spesimen dan Laboratorium Veteriner Baso Agam memeriksa 216 spesimen,” kata Jasman yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumbar.

Sejak melonjak tajam di atas 200 orang, kasus Covid-19 di Sumbar terus menambah kasus di atas seratus per hari. Sejaln dengan itu, jumlah pasien yang meninggal dunia juga terus bertambah. Hingga kemarin, pasien yang meninggal tercatat sudah 74 orang.

Jasman menambahkan, laporan sementara ini akan diperbarui lagi dengan data yang lebih lengkap dan keterangan lebih rinci sore nanti, sesuai dengan perkembangan dan penyesuaian data dari hasi “tracking” dan “tracing” dengan rumah sakit pengirim sampel spesimen. [*/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com