Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak Dinilai Tim Provinsi

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman masuk 5 besar dalam lomba Pilar-Pilar Sosial (Karang Taruna) Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022. Bertempat di Kantor Desa Koto Marapak Kota Pariaman, Rabu (8/6/2022).

Tim penilai lomba melakukan penilaian untuk tahap selanjutnya memilih terbaik I untuk mewakili Prov Sumbar di tingkat nasional.

“Karang Taruna berperan penting dalam melakukan percepatan pembangunan di daerah, melalui wadah karang taruna ini, berbagai aspirasi dan ide-ide kreatif dari pemuda bisa ikut berkontribusi dalam program perencanaan pembangunan hingga ke tingkat desa,” ujar Walikota Pariaman, Genius Umar dalam sambutannya.

Genius menyebutkan, Karang Taruna Komara ini termasuk yang sangat aktif di Kota Pariaman dan banyak inovasinya seperti sanggar seni, produksi gandang tasa yang bisa dipasarkan untuk menambah pemasukan. Ini memiliki produktivitas yang tinggi karena bisa menghasilkan produk yang bisa laku dijual.

Disamping itu, Karang Taruna Komara ini juga punya Pos Layanan Terpandu (Posyandu) Remaja Komara BONEH (Basis Organisasi remaja Nan Elok penuh Harapan) dalam kesempatan tersebut secara simbolis dilakukan pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman, Ny Lucyanel Genius.

“Dengan adanya Posyandu ini, karang taruna telah ikut berperan di bidang kesehatan dan ikut menuntaskan program stunting di Kota Pariaman. Kita berharap melalui karang taruna angka stunting di Desa Koto Marapak nol persen ,” kata Genius.

Dihadapan seluruh tim penilai, Genius menyatakan, Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak ini layak menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumbar karena banyak inovasinya yang berdampak langsung terhadap kesejahteraan sosial di masyarakat.

“Selamat kepada Karang Taruna Komara, semoga dengan potensi-potensi yang ada ini bisa menghantarkan kepada hasil yang terbaik dan bisa mewakili Sumbar di tingkat Nasional,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Zulfikar menyebutkan, permasalahan kesejahteraan sosial itu menjadi tanggung jawab pemerintah dan boleh dimitrakan dengan masyarakat melalui Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dimana karang taruna menjadi salah satu pilar sosialnya. Karena pilar sosial ini menjadi mitra pemerintah di daerahnya masing-masing, maka salah satu penghargaannya adalah dengan penilaian di tingkat pusat sampai ke daerah.

“Setelah dilakukan penilaian awal secara presentasi dan wawancara, dari 19 daerah kabupaten/kota se-Sumbar, Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak Kota Pariaman masuk lima besar terbaik ,” ujar Zulfikar.

Dikatakannya, untuk penilaian selanjutnya, panitia dan tim juri akan melakukan peninjauan lapangan melihat kelengkapan administrasi, cara kemitraan dan seluruh pembukuan di karang taruna. Diharapkan pengurus karang taruna dapat mempersiapkan bahan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Zulfikar mengatakan bahwa karang taruna terbaik nanti akan diutus mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional pada tanggal 12 s/d 19 Agustus 2022 mendatang.

“Penilaian ini hanyalah stimulus, kami berharap Karang Taruna Komara akan selalu berbuat dan bekerjasama dalam kesejahteraan sosial sehingga perannya dapat dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah. Semoga Karang Taruna Komara dapat menjadi teladan bagi Kota Pariaman dan Sumatera Barat khususnya ,” harapnya.

Ketua Karang Taruna Komara, Indra Gustian mengatakan, sebelumnya ia telah melakukan ekspos dan presentasi dihadapan 17 kabupaten/kota se-Sumbar kecuali (Kabupaten Mentawai dan Kabupaten Solok) yang tidak mengikuti seleksi tersebut dan seterusnya dilanjutkan dengan wawancara dengan tim penilai. Seleksi tersebut digelar di Hotel Rocky Padang selama dua hari dari tanggal 20-21 Mei 2022.

“Alhamdulillah, Karang Taruna Komara masuk 5 besar dan dilanjutkan dengan penilaian tinjauan lapangan pada hari ini ,” jelasnya.

“Semoga di tahap kunjungan lapangan dari tim penilai provinsi ini mendapatkan hasil yang terbaik untuk Karang Taruna Komara di tingkat provinsi Sumbar, sehingga bisa mewakili Provinsi Sumatera Barat di tingkat Nasional bulan Agustus nanti ,” tutup Indra mengakhiri.

Baca Juga: 3.126 Pohon Ditanam untuk Penguatan Vegetasi Pantai Kota Pariaman, 2,5 Hektare di Desa Mangung 

Turut hadir, Sekdako Pariaman, Yota Balad yang juga Ketua MPKT Kota Pariaman, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman, Ny Lucyanel Genius, Kepala Dinas Sosial, Muhamad Rum, Kepala Dinas Kesehatan, Nazifah, Kepala Dinas P3AKB, Gusniyeti Zaunit, Ketua KT Sumbar, Mahdianur Nusa, Ketua KT Kota Pariaman, Afdila beserta jajaran KT Kota Pariaman, Camat Pariaman Timur, Muhammad Arif, Kepala Desa Koto Marapak, Yuhaldi beserta jajarannya. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist