Kapolres Pasbar Ajak Wartawan Berantas Hoaks Soal Vaksinasi

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Kapolres Pasaman Barat, AKBP M Aries Purwanto mengajak wartawan turut memberikan edukasi seputar vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar masyarakat lebih memahami manfaat vaksinasi sehingga kegiatan bisa segera diwujudkan secara normal.

“Oleh karena itu, awak media diharapkan dapat memberikan edukasi seputar vaksinasi Covid-19 melalui pemberitaan yang akurat, atau melawan berita hoaks yang menyebar,” kata Kapolres Pasbar, AKBP Aries, Rabu (13/10/2021).

Menurutnya, salah satu cara yang efektif dalam menyakinkan masyarakat untuk vaksin adalah dengan menyemarakkan berita edukasi seputar manfaat dari vaksin itu sendiri.

“Kita harus bersama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat itu mau untuk divaksin. Kemudian, tentu juga harus dibarengi dengan memerangi kabar bohong atau berita hoaks terkait dengan vaksinasi ini,” ujarnya.

Disebutkan, berita bohong mengenai vaksin Covid-19 pun kini makin banyak tersebar di berbagai platform digital. Untuk itu pihaknya sangat berharap kerjasama para insan pers untuk memberikan berita-berita seputar manfaat vaksinasi.

Ia menyebutkan, bahwa saat ini pihaknya sangat intens dalam melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Mulai dari penyuluhan yang secara terus-menerus dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas, hingga kegiatan penyuntikan vaksin kepada masyarakat di setiap puskesmas dengan dipantau langsung oleh para personil Polri.

Disebutkan, apabila masyarakat ikut menyebarkan hoaks tidak saja vaksin terkait dengan masalah Covid-19 dan vaksinasi, maka seluruh aktivitas maupun kegiatan masyarakat menjadi tidak bermanfaat, salah, dan bahkan keliru.

“Jadi, kita berharap tidak ada lagi berita hoaks seputar Covid-19 yang beredar di media sosial, khususnya di wilayah hukum Pasbar. Karena bagaimanapun juga, walaupun ada payung hukum dan sanksi hukum, tetapi sebelum itu sanksi sosialnya kita sendiri secara pribadi harus menjaga etika bersosial media,” ungkapnya.

Terakhir, Kapolres juga mengharapkan agar kedepannya masyarakat semakin sadar akan manfaat dari vaksin. Selain itu tentu dengan tetap mamatuhi protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Mari ikut vaksin, jaga selalu protokol kesehatan yang ada dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan tidak membuat kegiatan yang sifatnya bisa menimbulkan kerumunan,” pungkasnya. [rom]

Terpopuler