Kapolda Sebut Pengikut Khilafatul Muslimin Terdeteksi di Sumbar

Padang, Padangkita.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Barat (Sumbar), Irjen Pol Teddy Minahasa Putra menyebut pengikut ajaran Khilafatul Muslimin terdeteksi di Sumbar.

Meski begitu, dia tidak bisa merinci berapa jumlah pasti pengikut ajaran tersebut di Sumbar. Namun, yang jelas, kegiatan pengikut kelompok itu salah satunya terpusat di Kota Padang.

“Data detailnya saya tidak tahu pasti. Ada di handphone saya. Sementara ada di beberapa kota. Pusatnya salah satunya di Kota Padang,” ujarnya saat ditemui wartawan usai kegiatan pemusnahan barang bukti sabu di Polres Kota Bukittinggi, Rabu (15/6/2022).

Dia menuturkan, Polda Sumbar telah melakukan langkah persuasif terhadap pengikut Khilafatul Muslimin di Sumbar. Tujuannya agar pengikut kelompok ini tidak melakukan kegiatan provokatif.

“Dan alhamdulilah, kelompok ini kooperatif dan mengikuti apa yang kita mau. Agak berbeda dibandingkan dengan provinsi lain,” jelasnya.

“Saya lakukan langkah persuasif kepada mereka agar tidak melakukan gerakan-gerakan atau langkah langkah yang provokatif seperti yang telah viral di daerah lain,” imbuhnya.

Teddy mengungkapkan, dirinya tidak akan sungkan-sungkan dan menindak tegasnya apabila pengikut Khilafatul Muslimin melakukan kegiatan provokatif di Sumbar.

Baca Juga: FKPT: Teroris Lebih Mudah Rekrut Anggota di Sumbar karena Menurut Mereka Susah Terpantau

“Apabila itu dilakukan, saya pun mungkin akan menerapkan hukum yang lebih keras daripada Polda lain,” tegasnya. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist