Kampus UNP Lockdown Usai Puluhan Orang Positif Covid-19 dan 1 Dosen Meninggal

Berita Padang, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) Sumbar: Kampus UNP Lockdown usai 20 karyawan positif Corona dan seorang dosen meninggal dunia.

Padang, Padangkita.com – Universitas Negeri Padang (UNP) menutup sementara lingkungan kampus dari seluruh aktivitas selama 15 hari. Hal tersebut untuk memutus penularan setelah 20 dosen dan tenaga kependidikan dinyatakan positif Covid-19.

“Tadi malam, saya berkoordinasi dengan pimpinan universitas, untuk memutus mata rantai penularan, daripada UNP jadi klaster nanti, terpaksa kita lockdown,” ujar Rektor UNP, Ganefri saat ditemui Padangkita.com di rumah dinasnya di UNP, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga

Dia menuturkan UNP melakukan penutupan sementara selama 15 hari mulai hari ini hingga Jumat (30/10/2020). Dengan penutupan sementara tersebut, maka dosen, pegawai, dan mahasiswa UNP dilarang berkegiatan atau beraktivitas di kampus.

Oleh karena itu, UNP pun menerapkan sistem bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Perkuliahan sebelumnya juga telah dilakukan secara daring. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari interaksi di kampus.

Diketahui, jelas Ganefri, di UNP setidaknya ada 2.000 dosen dan pegawai serta sekitar 46.0000 mahasiswa. “Sekarang kita hindari interaksi antara dosen dan mahasiswa,” ungkapnya.

Akibat penutupan sementara tersebut, segala kegiatan yang rencananya digelar dalam 15 hari tersebut terpaksa dilakukan secara daring. Salah satunya yaitu acara peringatan dies natalis yang ke-66 UNP pada 23 Oktober mendatang.

“Seluruh kegiatan selama 15 hari ini, termasuk dies natalis. Tetap kita laksanakan secara daring. Rencananya kan mengundang semua senat di Auditorium,” sampainya.

Dia juga menuturkan kebijakan ini diambil oleh UNP untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di lingkungan UNP. Dia menceritakan, sekitar dua pekan lalu, seorang dosen dilaporkan positif. Selang lima hari kemudian dosen tersebut meninggal dunia.

Pada Kamis (15/10/2020) kemarin, kata dia, ada sembilan dosen yang diumumkan positif Covid-19 oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar. Total, hingga hari ini ada 20 orang yang positif di UNP. “Sebagian ada tenaga pengajar, sebagian ada tenaga kependidikan,” sebutnya.

Baca juga: Pecah Rekor, Data Sementara Penambahan Kasus Positif Corona di Sumbar 506 Orang

UNP telah menyediakan tempat karantina bagi civitas akademika yang positif tersebut di Mess UNP di Lubuk Buaya yang terdiri atas 24 kamar. [pkt]


Baca berita Padang, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) Sumbar hanya di Padangkita.com.

Terpopuler