Kamang Hilia Agam Masuk Daftar Calon Desa Antikorupsi KPK di Indonesia

Lubuk Basung, Padangkita.com – Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Agam dipilih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi salah satu dari 10 calon percontohan desa antikorupsi di Indonesia.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati Kuding mengatakan, pemilihan desa tersebut telah dimulai sejak awal Februari lalu dengan empat tahapan.

“Pertama, tahap observasi. Tim KPK melakukan observasi terhadap 23 desa di 10 provinsi yang menjadi target untuk menilai kesiapannya menjadi percontohan desa antikorupsi. Kemudian didapatkan 10 desa terpilih di 10 provinsi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Selasa (7/6/2022).

Tahapan kedua, tutur Ipi, adalah pelaksanaan kick off yang dimulai hari ini, dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis mulai 8 – 21 Juni 2022 kepada seluruh elemen masyarakat dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait upaya yang dilakukan dalam rangka pemenuhan komponen dan indikator desa antikorupsi.

“Tahapan ketiga, dilakukan penilaian oleh KPK, Kementerian Desa PDTT, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, konsultan dan beberapa pemerhati. Dan tahapan keempat, peresmian Desa Antikorupsi terpilih yang dilakukan pada November 2022 mendatang,” jelasnya.

Ipi menerangkan Program Desa Antikorupsi bertujuan menyebarluaskan pentingnya membangun integritas dan nilai-nilai antikorupsi kepada pemerintah dan masyarakat desa, lalu memperbaiki tata laksana pemerintahan desa yang berintegritas.

Program ini juga bertujuan memberikan pemahaman serta peningkatan peran serta masyarakat desa dalam upaya mencegah dan memberantas korupsi.

Selain Nagari Kamang Hilia, sembilan desa lainnya yang juga dipilih KPK sebagai calon percontohan desa antikorupsi di Indonesia yaitu Desa Pakatto Sulawesi Selatan, Desa Hanura Lampung, dan Desa Mungguk Kalimantan Barat.

Baca Juga: KPK Minta Pejabat Tidak Gunakan Fasilitas Dinas untuk Kepentingan Pribadi

Kemudian, Desa Cibiru Wetan Jawa Barat, Desa Banyubiru Jawa Tengah, Desa Sukojati Jawa Timur, Desa Kutuh Bali, Desa Kumbang Nusa Tenggara Barat, dan Desa Batusoko Barat Nusa Tenggara Timur. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist