Kadiskominfotik Sumbar Sebut Website Pemerintah Daerah Kerap Diincar Peretas

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Upaya mencegah peretasan terhadap webiste atau situs milik pemerintah daerah, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Sumatra Barat (Sumbar) menggelar workshop SDM Pengelolaan Persandian dengan tema Kerentanan Website.

Kepala Diskominfotik Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, keamanan pada aplikasi dan website pemerintah daerah sangat penting, karena para peretas mengincar website-website pemerintah daerah.

Apalagi, kata Jasman, dengan persatnya perkembangan website di Indonesia, menyebabkan semakin bertambahnya jumlah pengguna layanan internet dari tahun ke tahun.

“Dibalik kemudahan layanan yang disediakan oleh setiap website tersebut ternyata terdapat beberapa masalah pada celah keamanan, seperti cross-site scripting, information leakage, authentication and authorization, Session management, SQL injection, CSRF. Dengan memanfaatkan celah kemanan ini, seseorang dapat melakukan hacking pada website tersebut,” ujar Jasman dikutip dari situs resmi milik Pemprov Sumbar, Kamis (16/12/2021).

Jadi, lanjut Jasman, karena itulah woorkshop pengelolaan persandian dilaksanakan, yang diikuti 57 pejabat pengelola persandian di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

“Banyaknya hacker yang saat ini mampu menyerang website dengan berbagai bentuk. Untuk itu, kita harus siap pula dengan kemampuan kita dalam menghadang hacker tersebut,” tegas Jasman.

Baca juga: Usai Diretas 2 Remaja Asal Sumbar, Setkab Rangkul BSSN, BIN dan Polri untuk Perkuat Keamanan Situs

Pemerintah, ucap Jasman, harus mampu mendeteksi kerentanan website yang dimiliki, sehingga keamanan website tersebut terjaga. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist