Kabupaten Kepulauan Mentawai Catat Kasus Baru Covid-19, Tidak Ada Lagi Daerah Zona Hijau di Sumbar

Penulis: MF Zikri

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Tak ada lagi zona hijau dari Covid-19 di Sumbar setelah Kabupaten Kepulauan Mentawai mencatatkan kasus baru

Padang, Padangkita.com – Kasus Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) bertambah lagi 86 orang, Rabu (2/9/2020). Secara kumulatif jumlah warga Sumbar yang terinfeksi Covid-19 menjadi 2.325 orang. Pasien yang sembuh bertambah 68 orang, sehingg total menjadi 1.310 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan, tambahan 86 kasus ini berasal dari sembilan daerah. Paling banyak dari Kota Padang 27 orang, menyusul Kabupaten Agam 28 orang.

Berikutnya dari Kota Payakumbuh 7 orang, Kabupaten Pasaman Barat 7 orang, Kota Padang Panjang 5 orang, Kabupaten Padang Pariaman 4 orang, Kota Bukittinggi 4 orang, Kabupaten Dharmasraya 3 orang, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai 1 orang.

“Dengan adanya terkonfirmasi satu orang warga Kabupaten Kepulauan Mentawai positif terinfeksi Covid-19, maka dengan ini tidak ada lagi daerah kabupaten atau kota di Sumatra Barat dalam zona hijau,” kata Jasman yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Rabu (2/9/2020) pagi.

Sebelumnya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman yang masuk zona hijau lebih dulu menambah kasus dan naik ke zona kuning.

Baca Juga: Padang Masuk Zona Merah: Tak Ada Sekolah Tatap Muka, Pesta Perkawinan Dilarang, Pegawai Bekerja dari Rumah

Tambahan positif 86 dan sembuh (negativf) 68 orang pagi ini berdasarkan pemeriksaan 3.301 spesimen oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang dan Laboratorium Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Baso, Agam.

Baca Juga: Sejumlah Pejabat di Sumbar Positif Covid-19 Sepulang Perjalanan Dinas, Ini Saran Ombudsman

Jasman menyebutkan, laporan pagi ini baru sementara. “Untuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan dan penyesuaian data lebih lanjut berdasarkan hasil tracking dan tracing kami dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota serta berbagai rumah sakit yang mengirimkan sampel spesimennya, insya Allah nanti sore akan kami perbaiki dan umumkan.” [*/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com