Juara MTQ Provinsi Tak Masuk Peserta MTQ Nasional, Qariah Asal Dharmasraya Mengadu ke Gubernur

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Qariah asal Dharmasraya yang pernah meraih juara 1 cabang tilawah remaja pada MTQ Nasional 2019, Yunia Safitri tersingkir secara mendadak dari daftar peserta MTQ Nasional tahun 2020.

Padang, Padangkita.com – Salah seorang qariah asal Kabupaten Dharmasraya, Yunia Safitri, tersingkir secara mendadak dari daftar peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional. Alhasil, dia pun tidak bisa mengikuti Training Camp (TC) tahap dua.

Padahal, pada 2019, Yunia berhasil meraih juara 1 cabang tilawah remaja pada MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Baca Juga

“Biasanya yang juara satu MTQ Provinsi langsung dikirim tanpa seleksi lagi ke MTQ Nasional. Tiba-tiba, di tahun ini, mendadak berubah. Yang dikirim adalah juara dua,” ujarnya kepada awak media di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (12/10/2020).

Dia juga tidak memperoleh pemberitahuan sebelumnya soal namanya yang tidak masuk daftar peserta MTQ Nasional tahun ini yang akan digelar di Sumbar pada November mendatang.

Informasinya, peserta yang akan dikirim ke tingkat nasional adalah yang ada namanya dalam daftar TC tahap dua mulai 2-9 Oktober 2020 dengan alasan ada kesepakatan antara pelatih dan pihak LPTQ.

Yunia berharap bisa mewakili Sumbar sebagai peserta MTQ Nasional. Terkait permasalahan ini, Yunia telah mengadu ke Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Menurutnya, dari pertemuan tersebut, gubernur langsung memerintahkan agar Kepala Biro Bina Mental Pemprov Sumbar Syaifullah untuk menindaklanjuti aduan tersebut.

Baca juga: MTQ Nasional di Sumbar Di-launching, Ini Pesan Menag

“Kata Pak Gubernur, akan dikaji ulang apa yang terjadi, menelusuri informasi berdasarkan data yang kita berikan,” katanya. [pkt]

Terpopuler

Add New Playlist