Jembatan Pengubung Satu-satunya Putus Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Warga Jorong Tanggalo Sijunjung Terisolir

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Sijunjung hari ini dan berita Sumbar hari ini: Banjir bandang melanda Jorong Tanggalo, Nagari Durian Gadang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

Muaro Sijunjung, Padangkita.com – Banjir bandang melanda Jorong Tanggalo, Nagari Durian Gadang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Minggu (28/3/2021) malam.

Dihubungi Padangkita.com, Wali Nagari Durian Gadang, Yusri mengatakan, akibat banjir tersebut sebanyak 360 jiwa atau 106 kepala keluarga (KK) di Jorong Tanggalo menjadi terisolir.

Hal itu, kata Yusri, lantaran jembatan kayu sepanjang 10 meter lebih yang menjadi penghubung satu-satunya daerah tersebut roboh diterjang banjir.

“Banjirnya terjadi kemarin malam, sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu memang sedang hujan lebat,” kata Yusri melalui sambungan telepon, Senin (29/3/2021).

Yusri mengungkapkan, akibat robohnya jembatan tersebut, warga yang tinggal di Jorong Tanggalo terpaksa haru menyeberangi sungai untuk keluar dari daerah itu.

“Warga yang beraktivitas di luar ya harus menyeberangi sungai, apalagi anak-anak sekolah, mereka harus menyeberangi sungai itu dulu,” terang Yusri.

Selain menghantam jembatan, lanjut Yusri, banjir juga merendam dua rumah warga yang terletak tak jauh dari sungai. Katanya, air masuk ke dalam rumah warga itu dengan ketinggian 50 centimeter lebih.

“Kerugian materil juga ada, dua kendaraan bermotor milik warga hanyut diseret arus sungai,” kata Yusri.

Baca juga: Banjir Bandang dan Longsor Hantam Tiga Kecamatan di Sijunjung

Menurutnya, saat ini banjir sudah surut. Dalam peristiwa itu, tak ada korban jiwa. Meski begitu, dia berharap jembatan tersebut dapat diperbaiki secepatnya. [pkt]


Baca berita Sijunjung hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler