Jelang Pilkada 2024, Ada 5 Daerah Lagi di Sumbar yang Bakal Dipimpin Pj

Padang, Padangkita.com – Ada lima daerah lagi di Sumatra Barat (Sumbar) yang bakal dipimpin oleh Penjabat (Pj) kepala daerah jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Lima daerah tersebut yaitu Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, dan Kota Padang.

Daerah-daerah tersebut dipimpin Pj kepala daerah karena habisnya masa jabatan kepala daerah definitif sebelum digelarnya Pilkada Serentak 2024.

“Tahun ini, ada Payakumbuh yang masa jabatan kepala daerahnya habis,” ujar Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Doni Rahmad Samulo saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Senin (20/6/2022).

Diketahui, masa jabatan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakilnya Erwin Yunaz sendiri akan berakhir pada 23 September 2022.

Kemudian, disusul oleh pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar-Mardison Mahyuddin dan Wali Kota serta Wakil Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran-Asrul yang sama-sama berakhir pada 9 Oktober 2023.

Lalu, pasangan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan Wakilnya Zohirin Sayuti berakhir pada 17 September 2023. Terakhir, ada Wali Kota Padang Hendri masa jabatannya akan berakhir pada 13 Mei 2024.

Doni menuturkan, usai masa jabatan kepala daerah definitif tersebut habis, maka daerah-daerah tersebut bakal dipimpin oleh Pj kepala daerah.

“Penetapan Pj kepala daerah ini merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mungkin nanti Kemendagri meminta masukan dari daerah. Gubernur Sumbar akan menyiapkan biasanya tiga nama untuk diusulkan,” jelasnya.

“Setelah itu, Kemendagri akan memutuskan siapa yang akan dilantik. Di Kemendagri itu, ada timnya juga itu yang bertugas siapa yang akan ditunjuk,” imbuh Doni.

Baca Juga: Gubernur Lantik Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Mantan Bupati Berharap Mentawai Terbebas dari 3T

Sebelumnya, pada Minggu (22/5/2022) lalu, Gubernur Sumbar telah melantik Martinus Dahlan sebagai Pj Bupati Kepulauan Mentawai. Hal tersebut karena telah habisnya masa jabatan Bupati Yudas Sabaggalet dan Wakilnya Kortanius Sabeleake. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist