Jasa Marga Catat Peningkatan Volume LHR 19 Persen, Ini Ruas Jalan Tol Terpadat

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com –  PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat peningkatan volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) jalan tol Jasa Marga Group di seluruh Indonesia sebesar 19,03% pada periode Semester I tahun 2022.

Peningkatan ini, jika dibandingkan dengan LHR periode Semester I tahun 2021. Pada Semester I 2021, LHR tercatat 2,7 juta, sementara Semester I tahun 2022 menjadi 3,25 juta kendaraan tiap harinya.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menjelaskan, di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi, mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap peningkatan volume lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group.

“Jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi yang tercatat sebanyak 3,4 juta kendaraan, maka dapat disimpulkan LHR di sepanjang Semester I Tahun 2022 ini sudah sangat mendekati volume lalu lintas normal sebelum pandemi. Salah satu faktor peningkatan LHR di Semester 1 2022 adalah diberlakukannya kebijakan mudik Hari Raya Idulfitri 1443 H dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” terang Lisye di laman situs Jasa Marga.

“Jasa Marga mencatat volume lalu lintas periode arus mudik (H-7 hingga H2) mencapai 1,69 juta kendaraan, naik 32,8% dari lalu lintas normal dan 1,78 juta kendaraan pada periode arus balik (H1 hingga H+7), naik 42,7% dari lalu lintas normal,” ulas Lisye.

Lisye mengungkapkan, tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi atau terpadat pada periode Semester 1 tahun 2022 adalah Jalan Tol Dalam Kota dengan 496 ribu kendaraan/hari, Jalan Tol Jakarta – Cikampek dengan 443 ribu kendaraan/hari dan Jalan Tol Jagorawi dengan 388 ribu kendaraan/hari.

“Untuk mengantisipasi tren peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol,” ujar Lisye.

Di antaranya, lanjut dia, memastikan pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi hingga pelayanan konstruksi tetap optimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya serta berkolaborasi dengan para stakeholder.

“Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Baca juga: Jaga Bangunan Bersejarah dan Cagar Budaya, akan Ada Rekayasa Konstruksi di Jalan Tol Ini

“Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.” [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist