Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang Ternyata Belum Bisa Segera Diresmikan, Ini Sebabnya

Penulis: Redaksi

Pekanbaru, Padangkita.com – Rencana pemerintah untuk meresmikan Jalan To Pekanbaru – Bangkinang rupanya belum bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Sebab, hingga saat ini ternyata masih tersisa pekerjaan yang belum rampung pada Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang yang memiliki main road sepanjang 40 kilometer.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto mengatakan, pengerjaan di Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang, yakni mulai dari Pintu Tol Pekanbaru atau kilometer 0 menuju ke kilometer 8.

“Masih ada yang dikerjakan, sehingga belum jadi diresmikan untuk Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang. Pekerjaan dilakukan dari kilometer 0 sampai 8,” kata SF Hariyanto, sebagaimana dikutip Padangkita.com dari situs resmi Pemprov Riau, Jumat (1/7/2022).

Pengerjaan tersebut, kata SF Hariyanto, baru bisa dikerjakan karena sebelumnya lokasinya masuk dalam kawasan hutan.

Menurut dia, lokasi yang masuk kawasan hutan tersebut tersebut baru saja dilepaskan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Untuk permasalahan lahan sudah selesai, saat ini sedang dilakukan pengerjaan fisiknya,” ujar SF Hariyanto.

Salah satu pengerjaan fisik yang sedang dilakukan saat ini, kata dia adalah pembangunan flyover.

Flyover tersebut akan melintasi jalan nasional yang menghubungkan Pekanbaru – Bangkinang.

Flyover-nya sedang dibangun saat ini, kalau semuanya sudah selesai mudah-mudahan bisa segera diresmikan dan digunakan masyarakat. Karena sebelahnya juga sudah dilakukan uji coba,” sebutnya.

Diketahui, Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang merupakan salah satu seksi dari Jalan Tol Pekanbaru – Padang (atau disebut sebaliknya) yang memilik panjan total 254 kilometer. Jalan Tol Padang – Pekanbaru sendiri adalah bagian sirip dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Totalnya, Jalan Tol Padang – Pekanbari terdiri dari 6 seksi, yakni Seksi 1 Padang – Sicincin 37 km. Pembangunan ruas jalan tol ini, kini terhenti karena masalah pembebasan lahan. Rencananya bakal dilanjutkan lagi mulai Agustus mendatang.

Kemudian, Seksi 2 Sicincin – Bukittinggi 38 km, Seksi 3 Bukittinggi – Payakumbuh 34 km, Seksi 4 Payakumbuh – Pangkalan 58 km, Seksi 5 Pangkalan – Bangkinang 56 km dan Seksi 6 Bangkinang – Pekanbaru 40 kilometer.

Baca juga: KLHK Lepaskan Kawasan Hutan, Operasional Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang – Pangkalan Dipercepat

Seksi Bangkinang – Pekanbaru dan Seksi Bangkinang – Pangkalan yang saat ini tengah dalam pembangunan. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist