Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang Dibuka 26 April, Tidak Beroperasi Malam Hari

Penulis: Redaksi

Pekanbaru, Padangkita.com – Jadwal operasi Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang kembali diperbarui. Dalam tahap uji coba, Jalan Tol Peknbaru – Bangkinang akan dibuka pada 26 April 2022.

Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 40 km adalah salah satu seksi dari enam seksi ruas Jalan Tol Padang – Pekanbaru yang merupakan bagian sirip atau feeder dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Jadwal terbaru operasi Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, Jumat (22/4/2022).

“Tadi kami sudah mendapat arahan dari Pak Gubernur, bahwa jalan tol Pekanbaru – Bangkinang untuk pastinya dibuka tanggal 26 April 2022,” kata Hariyanto sebagaimana dimuat di laman website resmi Pemprov Riau.

Hariyanto mengatakan, jika jalan tol Pekanbaru – Bangkinang nantinya dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

“Untuk Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang dibuka satu jalur. Jadi untuk jurusan Pekanbaru menuju Bangkinang, dibuka mulai dari tanggal 26 April sampai 3 Mei 2022. Sedangkan untuk kembalinya dari Bangkinang menuju Pekanbaru dibuka mulai 4 Mei sampai 11 Mei 2022,” terangnya.

Ia menegaskan, jalan tol dibuka khusus untuk kendaraan golongan satu, kendaraan kecil, dan bukan kendaraan besar. Kemudian, lanjut dia, jalan tol tidak dibuka malam, karena penerangan belum lengkap dan rambu-rambu juga belum ada.

”Jangan sampai kita buka malah nanti menjadi permasalahan,” ulasnya.

Lebih lanjut, Hariyanto menjelaskan alasan jalan tol dibuka dari Pekanbaru menuju Bangkinang 7 hari, sedangkan sebaliknya lebih dari 7 hari.

“Karena kita perkirakan untuk mengantisipasi Hari Raya Enam di Kampar. Jadi, saat perayaan tradisi itu kita beri kebebasan masyarakat,” ungkapnya.

“Nanti saat dibuka, di jalan tol akan akan pos pengamanan dari pihak kepolisian. Kemudian nanti tanggal 25 April, Pak Gubernur dan Forkompinda akan meninjau ke lapangan,” tukasnya.

Sekadar diketahui, Jalan Tol Padang – Pekanbaru sepanjang 255 km, terdiri dari enam seksi yaitu, Seksi I Padang-Sicincin sepanjang 36,15 kilometer dan Seksi II Sicincin-Bukittinggi 38 kilometer.

Kemudian, Seksi III Bukittinggi – Payakumbuh 34 kilometer, Seksi IV Payakumbuh – Pangkalan 58 kilometer, Seksi V Pangkalan-Bangkinang 56 kilometer, dan Seksi VI Bangkinang – Pekanbaru 40 kilometer.

Sayangnya, pembangunan jalan tol ini sangat lambat akibat rumitnya pembebasan lahan. Dari 6 ruas, yang rampung baru satu seksi, yakni Seksi VI Pekanbaru – Bangkinang.

Baca juga: Gubernur Mahyeldi: Jangan Tanya Lagi Manfaat Pembangunan Jalan Tol Untuk Sumbar  

Sedangkan ruas yang dimulai dari Kota Padang, yakni Padang – Sicincin masih tersendat karena belum bebasnya seluruh lahan. Kemudian Seksi II, Seksi III, Seksi IV dan Seksi V, belum sama sekali dimulai pembebasan lahan. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist