Jalan Tol Bangkinang – Pangkalan Progres Terus, Padang – Sicincin masih Terhenti

Penulis: Redaksi

Pekanbaru, Padangkita – Jalan Tol Pekanbaru – Padang atau Padang – Pekanbaru seksi Bangkinang – Pangkalan telah mencapai 58%. Jalan tol sepanjang 24,7 km ini ditarget rampung pada 2023 mendatang.

“Proges fisik Jalan Tol Bangkinang – Pangkalan sampai saat ini sudah 58%,” kata Project Director Jalan Tol Bangkinang – Pangkalan, Bambang Hendarso, Rabu (29/6/2022).

Sedangkan progres pembebasan lahan Jalan Tol Bangkinang – Pangkalan sendiri, kata Bambang sekitar 50-an persen. Progres pembebasan lahan sendiri seiring dengan progres fisik, karena begitu lahan bebas, pekerjaan fisik masuk.

Namun, lanjut dia, progres pembebasan lahan akan jauh meningkat karena pelepasan kawasan hutan sudah mendapat izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Hanya saja untuk proses pembebasan lahannya masih berjalan. Karena ada beberapa hal yang harus disepakati antara instansi pemerintahan terkait pembayaran ganti ruginya,” terangnya.

Soal target penyelesaian pekerjaan fisik Jalan Tol Bangkinang – Pangkalan, Bambang Hendarso menyatakan sesuai rencana jalan selesai tahun 2023.

“Kalau target harapannya selesai 2023, asalkan pembebasan lahannya cepat. Karena kalau lahan belum selesai, pekerjaan tidak bisa dimulai,” jelasnya.

Diketahui, Jalan Tol Bangkinang – Pangkalan merupakan salah satu seksi dari 6 seksi Jalan Tol Padang – Pekanbaru. Jalan tol ini sendiri adalah bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Jalan Tol Padang – Pekanbaru atau disebut sebaliknya terdiri dari 6 seksi, yakni Seksi 1 Padang – Sicincin 37 km. Pembangunan ruas ini, kini terhenti karena masalah pembebasan lahan. Rencananya bakal dilanjutkan lagi mulai Agustus mendatang.

Kemudian, Seksi 2 Sicincin – Bukittinggi 38 km, Seksi 3 Bukittinggi – Payakumbuh 34 km, Seksi 4 Payakumbuh – Pangkalan 58 km, Seksi 5 Pangkalan – Bangkinang 24,7 km dan Seksi 6 Bangkinang – Pekanbaru 40 kilometer.

Baca juga: Soal Jalan Tol Padang–Sicincin, Nevi Zuairina Minta Pemerintah Jangan Anak Tirikan Sumbar  

Pembangunan Seksi Bangkinang – Pekanbaru sudah rampung dan tinggal peresmian operasional. Jalan tol ini juga telah diuji coba pada waktu mudik Lebaran Mei lalu. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist