Jalan Simpang Empat-Talu Ditimbun Longsor, Lalu Lintas Sempat Putus Total

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Longsor kembali terjadi di jalan lintas Talu – Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sabtu (12/3/2022) pagi tadi. Hingga siang ini, akses lalu lintas masih belum normal.

Kapolsek Talamau, AKP Junaidi kepada Padangkita.com mengatakan lokasi longsor ini terjadi di Polong Enam, Talu sekitar pukul 06.15 WIB pagi tadi.

“Pagi tadi terjadinya. Karena memang semalaman hujan turun di daerah ini sehingga akses lalu lintas putus total,” katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Sabtu (12/3/2022) siang.

Hingga pukul 14.00 WIB, alat berat masih bekerja membersihkan material yang menutupi jalan. Jalan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, namun tetap pakai sistem buka tutup.

“Kendaraan roda dua sudah bisa lewat, namun baru satu arah. Jadi masyarakat harus bersabar,” ujarnya.

Ia mengaku, saat ini pihaknya masih d ilapangan membantu mengatur masyarakat yang akan melewati jalan tersebut, karena memang kondisi daerah itu belum aman.

“Kita takutkan sore ini kembali hujan, sementara material ini saja belum selesai dibersihkan. Kalau sudah hujan, kita mengimbau untuk tidak mendekat ke lokasi yang rawan longsor ini,” lanjutnya.

Junaidi juga mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Simpang Empat ke Talu atau sebaliknya untuk lebih berhati-hati.

“Apabila hari hujan kami imbau agar tidak lagi mendekati lokasi ini. Apalagi pada malam hari. Karena memang masih terjadi longsor susulan,” imbuhnya.

Baca juga: Derita Pengungsi Gempa yang telah 12 Hari Tidur di Tenda: Banyak yang Demam karena Kurang Tidur

Talu adalah ibu kota Kecamatan Talamau, daerah terparah yang dilanda gempa magnitudo 6,1 akhir Februari lalu. Hingga kini, masih banyak warga di Talamau yang tinggal di tenda-tenda pengungsian. [rom/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist