Jalan Lintas Padang-Solok Bisa Dilalui Kembali Setelah Lumpuh Total karena Longsor

Padang, Padangkita.com – Material longsor yang menutupi badan jalan di kawasan Panorama II, Sitinjau Lauik, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang sudah dibersihkan, Senin (25/7/2022) sore.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Padang, Basril mengatakan, jalan lintas Padang-Solok sudah bisa dilalui kendaraan kembali.

Pembersihan material longsor dilakukan dengan mempergunakan alat skop dan alat berat dari Kementrian PUPR. “Akses jalan sudah bisa dilewati kembali,” ujarnya, pukul 15.38 WIB.

Dia menuturkan, longsor dengan lebar 10 meter dan tinggi sekitar 1,5 meter itu dipicu oleh hujan lebat yang melanda kawasan itu.

Material longsor juga menghantam satu unit mobil tangki pengangkut bahan bakar minyak dengan BA 8290 IU.

“Longsor juga sempat menutup akses jalan baik menuju Solok maupun sebaliknya. kemacetan yang di akibatkan longsoran ini mencapai dua sampai tiga kilometer,” jelas Basril.

Sebelumnya, Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Lija Nesmon mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Sebagai informasi, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang sejak Minggu (24/7/2022) pagi hingga Senin sore ini.

Baca Juga: Longsor di Sitinjau Lauik, Akses Jalan Padang-Solok Putus Total

BMKG pun telah mengimbau masyarakat waspada terkait potensi bencana banjir dan longsor. Salah satunya di kawasan Sitinjau Lauik. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist