Jalan 2 Jalur Kampus Unand Mulai Diperbaiki, Ditarget Tuntas Akhir November

Penulis: Irfan Denas

Padang, Padangkita.com – Jalan 2 jalur di lingkungan kampus Universitas Andalas (Unand) di Limau Manis, Kota Padang, diperbaiki. Panjangnya 1.154 meter menelan anggaran Rp7.239.026.000.00.

Ruas jalan yang akan diperbaiki mulai dari gerbang menuju bundaran Rektorat Unand. Anggaran perbaikan jalan ini berasal dari Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Perbaikan jalan akan dikerjakan oleh kontraktor PT. Asiva Mandiri Pratama selama empat bulan atau 120 hari kalender. Dalam perbaikan nanti, lebar jalan masing-masing jalur 5,6 meter dengan total lebar 11,2 meter. Sebelumnya, jalan ini juga telah pernah diperbaiki pada 2019.

Penandatanganan kontrak paket perbaikan jalan di lingkungan kampus Unand disaksikan langsung oleh Rektor Unand Yuliandri, Kamis (29/7/2021). Yang menandatangani kontrak adalah PPK 2.1 Satker PJN Wilayah II Sumbar dan Direktur PT. Asiva Mandiri Pratama

Selain Rektor Unand, penandatanganan kontrak di ruang sidang Senat Rektorat lantai 4 itu juga disaksikan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumbar Syahputra A. Gani. Pada kesempatan itu Rektor Unand didampingi sejumlah pejabat Unand, Bambang Istijono, Fauzan, dan M Nasir Sonni.

“Rasa terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Dirjen Bina Marga dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumbar atas dukungan dan bantuannya selama ini. Ini merupakan harapan dan keinginan kita bersama agar jalan dari gerbang menuju bundaran rektorat diperbaiki,” ungkap Yuliandri.

Pada kesempatan itu Yuliandri juga mengapresasi Pemprov Sumbar yang sudah memberikan komitmen untuk membangun jembatan dan membuka akses jalan dari Limau Manis menuju Rumah Sakit dan Perumahan Dosen (Perumdos) Unand Limau Manis.

“Ini suatu hal yang luar biasa atas upaya Pemprov Sumbar untuk menjawab keinginan dan mengisi kebutuhan Unand saat sekarang dan ke depannya” ulas Yuliandri.

Sementara itu, Kepala Balai PJN Wilayah Sumbar Syahputra A. Gani menekankan kepada kontraktor untuk menyelesaikannya sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan sampai akhir November tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas di lapangan.

Ia juga meminta pihak penyedia jasa untuk segera memacu proses pelaksanaanya karena ini merupakan jalan kampus dan bukan tujuan untuk komersial.

Baca juga: Unand dan UNP Masuk 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, Cek Peringkatnya

Bambang Istijono, Nasir Sonni, dan Fauzan juga mengusulkan untuk perbaikan jalan di lingkungan Fakultas Teknik dan jalan akses menuju Rumah Sakit Pendidikan Unand. Menanggapi usulan itu, Syahputra berjanji itu akan mengomunikasikan terlebih dahulu dengan pemerintah pusat, agar nanti bisa dilaksanakan secara bertahap setelah keluar izinnya. (den/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist