Jadi Sejarah Perjuangan TNI AL, Hari Dharma Samudera Diperingati di Pariaman

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Benny Febri bersama Wali Kota Pariaman Genius Umar melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Desa Rawang, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Jumat (13/1/2023).

Laksamana Pertama TNI Benny Febri mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan peringatan ke-61 Hari Dharma Samudera tahun 2023.

“Ziarah dan tabur bunga ini merupakan kegiatan wajib yang kita laksanakan setiap peringatan hari bersejarah. Untuk hari ini ziarah dan tabur bunga kita laksanakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tanggal 15 Januari,” ungkapnya.

Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang sejarah 15 Januari 1962 silam, yakni peristiwa heroik Angkatan Laut Indonesia dalam  Pertempuran Laut Aru. Waktu itu perjuangan ditunjukkan oleh para AL di bawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.

“Kita mengetahui bahwa Kota Pariaman merupakan salah satu kota yang mempunyai sejarah perjuangan Angkatan Laut,” kata Laksamana Pertama TNI Benny Febri.

Menurutnya, Kota Pariaman menjadi salah satu basis kekuatan perjuangan maritim rakyat Sumatra Barat (Sumbar) yang tergabung dalam Tentara Rakyat Indonesia Laut Sumatera Tengah atau Resimen ALRI, yang menjadi cikal bakal ALRI Pangkalan Besar Pariaman.

“Berdasarkan sejarah itulah, Kota Pariaman bersama Lantamal II Padang mendirikan tugu monumen Angkatan Laut yang bertempat Muaro Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Semoga Kota Pariaman betul – betul menjadi kota perjuangan Angkatan Laut,” harapnya.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Genius Umar usai kegiatan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Lantamal II Padang yang telah memilih Kota Pariaman sebagai tempat kegiatan tabur bunga peringatan ke-61 Hari Dharma Samudera ke-61 tahun 2023.

“Kota Pariaman memang mempunyai sejarah untuk Angkatan Laut, karena pernah menjadi pangkalan besar Angkatan Laut. Ada banyak para pejuang TNI AL yang dimakamkan di TMP Kusuma Bangsa Kota Pariaman karena mempertahankan perairan Kota Pariaman saat diserang oleh Belanda waktu agresi militer tahun 1948. Tidak hanya warga Pariaman yang dimakamkan di TMP melainkan dari berbagai daerah di Indonesia,” ungkap Genius Umar.

Genius berharap, hubungan baik antara Lantamal II Padang dengan Pemko Pariaman semakin erat untuk membangun Kota Pariaman lebih baik, khususnya dari segi sumber daya manusia.

“Kita juga berharap anak – anak Kota Pariaman akan banyak menjadi TNI AL sehingga sejarah ini akan tetap dikenang,” kata Genius.

Kegiatan yang berlangsung khidmat itu, juga dihadiri oleh Forkopimda Kota Pariaman, Sekdako Pariaman Yota Balada, dan kepala OPD Pemko Pariaman.

Baca juga: Temui Wamenhan, Genius Umar Bahas Proses Membawa KRI Teluk Ratai 509 ke Pariaman

Pada kesempatan yang sama, Danlantamal II Padang beserta rombongan dan Wako Pariaman Genius Umar berkesempatan mengecek Kantor Pos Pengamat (Posmat) AL di Kota Pariaman yang berada di Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist