Intensitas Bencana Tinggi, DPRD Agam Minta Pemkab Beri Dukungan pada BPBD

Penulis: Redaksi

Lubuk Basung, Padangkita.com – Tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Agam dalam beberapa hari belakang, setidaknya menyebabkan lebih dari 20 kejadian kebencanaan dari lima hari terakhir, sejak Rabu, (16/11/2022) lalu.

Hal ini membuat BPBD Agam sebagai OPD penanggungjawab lapangan harus bekerja ekstra di tengah keterbatasannya.

Beruntung, BPBD Agam mendapat dukungan dari sejumlah pihak seperti Dishub Agam, Satpol PP-Damkar Agam, DLH Agam, bersama unsur KSB, jajaran kepolisian dan TNI.

Kondisi ini mendapat perhatian dari DPRD Agam yang mengaku prihatin akan kondisi terkini BPBD Agam dengan sarana yang minim, armada lapangan yang banyak rusak, termasuk personil yang tidak memadai untuk penanganan kebencanaan dengan luas bentangan wilayah di 16 kecamatan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Komisi I DPRD Agam M Ater Dt.Manambun, yang sempat memantau berbagai kegiatan dan proses penanganan kebencanaan yang terjadi dalam sepekan terakhir.

“Apresiasi untuk BPBD Agam, ditengah kondisi minim, sukses bergerak di lapangan, mendorong peran semua lini untuk membantu penanganan dampak bencana di lapangan, “ ungkapnya dilansir Senin (21/11/2022).

Untuk itu, kondisi tersebut akan menjadi catatan pihaknya dan hal itu menjadi pembahasan khusus pihaknya di DPRD Agam.

“Kita berharap, Pemkab Agam memberi perhatian khusus, supaya BPBD disupport ditengah kondisi saat ini, mengingat volume kebencanaan sangat tinggi, “ kata ungkapnya.

Hal senada disampaikan ketua fraksi Golkar DPRD Agam Joni Putra, pihaknya juga sudah mendiskusikan kondisi tersebut, dan hal itu mestinya jadi catatan bersama yang harus diselesaikan.

“Potensi cuaca ekstrem masih berpeluang terjadi, hal ini mesti kita waspadai bersama, agar tidak memicu dampak terhadap masyarakat, “ tegasnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam mengimbau masyarakat agar mewaspadai terjadinya , mengingat cuaca esktrem beberapa hari belakangan.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi Sebabkan Longsor dan Pohon Tumbang di Sejumlah Wilayah Agam 

Sejumlah wilayah yang terjadi bencana dalam beberapa hari belakang di antaranya, kecamatan Tanjung Raya, Matur, IV Koto, Malalak, Palupuah, Palembayan dan Tanjung Mutiara. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist