Inilah Rezka Oktoberia, Anggota DPR-RI Pengganti Mulyadi, Catatkan Sejarah Bagi Luhak Limopuluah

Payakumbuh, Padangkita.com – Teka-teki siapa yang akan menggantikan Mulyadi sebagai anggota Fraksi Partai Demokrat DPR-RI dari Dapil Sumbar II akhirnya terjawab sudah. Sesuai hasil Pemilu 2019, Mulyadi digantikan oleh caleg peraih suara terbanyak di bawahnya, yakni Rezka Oktoberia yang tercatat sebagai penggurus Bappilu DPP Partai Demokrat dan Wakil Ketua Umum DPP KNPI.

Rezka Oktoberia dilantik sebagai anggota DPR-RI antar-waktu pada Senin pagi ini (7/12/2020). Pelantikan dipimpin oleh Ketua DPR-RI Puan Maharani. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 118/P, 119/P, 120/P, 123/P, 126/P Tahun 2020 Tentang Peresmian Pengangkatan Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Rezka Oktoberia lahir di Payakumbuh, Oktober 1980. Ibunya, Erlinda Rasjid berasal dari Danguang-Danguang, Guguak, Limapuluh Kota. Sedangkan ayahnya, almarhum Aidyl Zen, berasal dari Situjuah Banda Dalam, Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Rezka Oktoberia pernah mengecap pendidikan di SD Pius Payakumbuh, SMP Fidelis Payakumbuh, SMAN 2 Payakumbuh, dan Universitas Padjajaran Bandung. Selain itu, Rezka juga pernah menimba ilmu di ABFI Institute Perbanas dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Iblam Jakarta.

Selain aktif di kepengurusan DPP Partai Demokrat, Rezka Oktoberia juga pernah aktif di kepengurusan DPP Perempuan Demokrat Republik Indonesia dan Barisan Massa Demokrat.

Bukan itu saja, anggota Himpunan Insan Cinta Bunga Nusantara dan Ikatan Keluarga Minang (IKM) Tanggerang ini, juga tercatat sebagai pengurus pusat Asosiasiasi Pedagang Kaki Lima Lima Indonesia dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia DKI Jakarta.

Kepada wartawan yang menghubunginya, Rezka Oktoberia mengaku bersyukur, dilantik sebagai anggota DPR-RI antar waktu. Rezka menyebut, pelantikan dirinya sebagai anggota DPR-RI dari Dapil Sumbar II setelah melewati berbagai dinamika yang ada, merupakan keberhasilan dari seluruh elemen masyarakat Luak Limopuluah.

Disebut sebagai keberhasilan elemen masyarakat Luhak Limopuluah, karena sudah bertahun-tahun, masyarakat Payakumbuh dan Limapuluh Kota, merindukan ada putra-putri terbaik mereka duduk menjadi anggota DPR-RI dari Dapil sendiri atau Dapil Sumbar II. Dapil Sumbar II ini meliputi Payakumbuh, Limapuluh Kota, Pasaman, Pasbar, Agam, Bukittinggi, Pariaman, dan Padang Pariaman.

“Alhamdulillah, kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah atas karunia yang diberikan-Nya. Yang pasti, ini buah dari perjuangan masyarakat Luak Limopuluah. Sebab itu, izinkan Rezka mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada segenap masyarakat Luak Limopuluah khususnya, dan masyarakat Dapil II Sumbar pada umumnya,” kata Rezka Oktoberia.

Gadis tangguh ini mengaku terharu dilantik sebagai anggota DPR-RI. Sebab, Rezka menyadari, sejak dilakukan pemilihan anggota DPR-RI di Dapil Sumbar II, belum pernah sekalipun putra-putri Luak Limopuluah yang menjadi anggota DPR-RI dari Dapil ini.

“Ini, pertama dalam sejarah. Makanya, Rezka ucapkan terimakasih atas support masyarakat Luak Limopuluah yang tidak dapat Rezka sebutkan satu persatu,” ujarnya.

Rezka berkomitmen akan menjaga amanah yang diberikan masyarakat Dapil Sumbar II, khususnya Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

“Insya Allah, amanah yang diberikan ini, akan kami jaga dengan sebaik-baiknya. Mohon, Rezka tetap dikawal dan diberi masukan,” tukuknya.

Rezka mengatakan, setelah dilantik sebagai anggota DPR-RI, dia akan bekerja untuk masyarakat dan daerah. Sebab itu, sinergisitas dengan pemerintah kabupaten/kota di Dapil Sumbar II sangat dibutuhkan. Khususnya lagi dengan Pemkab Limapuluh Kota dan Pemko Payakumbuh.

“Banyak yang bisa kita sinergikan dengan pemerintah kabupaten/kota, untuk membangun Luak Limopuluah. Kami, siap untuk itu,” ujarnya.

Seusai pelantikan ini, Rezka dalam waktu dekat, akan langsung pulang kampung ke Sumatera Barat, untuk bersilaturahmi dengan masyarakat, terutama dengan tim pemenangan dan relawanya dalam Pemilu 2019 lalu.

“Insya Allah, dalam waktu dekat, Rezka akan langsung bersilaturahmi. Rezka juga mohon maaf, karena kondisi pandemi Covid-19 ini, tidak semuanya bisa datang menghadiri pelantikan Rezka di Jakarta,” ujar Rezka.

Tokoh-Tokoh Luak Limopuluah Terharu

Kabar pelantikan Rezka Oktoberia sebagai anggota DPR-RI dari Dapil Sumbar II, disambut haru tokoh-tokoh masyarakat Luak Limopuluah. Sebab, sejak Indonesia merdeka, belum pernah ada putra-putri Payakumbuh dan Limapuluh Kota yang terpilih menjadi anggota DPR-RI dari Dapil Sumbar II.

Pernah pada awal kemerdekaan Indonesia, KH Rusli Abdul Wahid, ulama besar dari Tabekgadang, Kecamatan Guguak, menjadi anggota konstituante (DPR sekarang). Namun, semasa itu, belum ada Dapil Sumbar seperti sekarang. Setelah KH Rusli, nyaris tidak ada lagi putra-putri Luak Limopuluah yang terpilih sebagai anggota DPR dari kampung sendiri.

Maka tidak heran, kabar Rezka Oktoberia akan dilantik sebagai pengganti antar waktu, disambut haru tokoh-tokoh Luak Limopuluah. “Kita ucapkan selamat kepada Kemenakanda Rezka. Karena ini satu-satunya dan baru sekarang terpenuhi janji masyarakat, agar meminta putra daerah asli, mewakili di kursi DPR-RI,” kata mantan Bupati Limapuluh Kota dua periode, Alis Marajo Datuak Sori Marajo.

Hal serupa disampaikan Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbia.

“Kita mengucapkan selamat atas pelantikan saudari Rezka Oktoberia sebagai anggota DPR-RI. Semoga memberi kontribusi positif untuk Luhak Limopuluah yang kita banggakan,” kata Erwin Yunaz.

Sementara, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Payakumbuh, Wirianto Datuak Paduko Bosa Marajo, tidak hanya mengucapkan selamat kepada Rezka Oktoberia. Namun, juga menyampaikan terimakasih kepada Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono karena sudah memberi kepercayaan kepada Rezka Oktoberia sebagai anggota DPR-RI antar waktu 2019-2024.

“Atas nama masyarakat Payakumbuh, kami sampaikan terimakasih kepada Bapak SBY dan Bapak AHY yang sudah memberi kepercayaan kepada Rezka Oktoberia. Dan terimakasih juga kepada Bapak Presiden kita, yakni Bapak Jokowi, yang sudah menerbitkan Surat Keputusan Pelantikan Rezka Oktoberia. Ini sejarah bagi masyarakat Luak Limopuluah,” kata Wirianto Dt Paduko Bosa Marajo.

Mewakili masyarakat Payakumbuh, Wirianto Dt Paduko Bosa Marajo berharap Rezka Oktoberia dapat memberikan warna terhadap dinamika perjalanan DPR-RI. “Kami masyarakat Luak Limopuluah, merasa bangga dengan dilantiknya Rezka Oktoberia sebagai anggota DPR-RI dari Dapil Suimbar II. Dan ini sejarah, bagi masyarakat Luak Limopuluah,” kata Ketua LKAAM Payakumbuh.

Hal senada disampaikan Masriyanto SPd, mantan Wali Nagari Batupayuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Fahlezi Mazni Dt Bandaro Nan Balidah, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Aietabik, Kota Payakumbuh.

“Kami ucapkan selamat kepada Rezka Oktoberia. Ini mengukir sejarah bagi Luak Limopuluah. Adanya putri terbaik mewakili Luak Limopuluah di DPR-RI,” kata mereka.

Baca juga: Rezka Oktoberia Dilantik Bersama Mantan Kapolda NTT, Sekjen PKB, dan 3 Anggota DPR RI Antar-Waktu

Ini juga disampaikan Afrina Hanoum, Ketua Bundo Kanduang Nagari Aiatabik, Kota Payakumbuh. “Kami ucapkan selamat atas dilantiknya Bundo terbaik Luak Limopuluah, Bundo Rezka Oktoberia sebagai anggota DPR-RI. Semoga, Bundo Rezka dapat memberikan kontribusi dan membawa padusi Minang dalam kemajuan perempuan-perempuan masa kini,” kata Afrina Hanoum. [rel]


Baca berita Payakumbuh terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist