Ini Rekomendasi Destinasi Wisata Alam Terbuka di Padang yang Aman Dikunjungi

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pemerintah memang mengimbau untuk menghabiskan libur panjang akhir Oktober ini di rumah saja. Namun, kalau tetap harus berwisata, maka disarankan pilihlah objek wisata terbuka, seperti kawasan pantai, pegunungan dan wisata alam terbuka lainnya.

Meski demikian, di mana pun Anda mau berwisata, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi. Nah, berikut Padangkita.com rangkum 10 rekomendasi destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi di Kota Padang.

Baca Juga

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis merupakan destinasi yang cocok jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga menikmati keindahan senja. Pasir pantai di sini terhampar luas sehingga banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga.

Tak hanya pemandangannya menawan, pantai ini terkenal dengan legenda Malin Kundang. Banyak wisatawan yang datang hanya untuk berfoto di depan batu Malin Kundang yang bentuknya menyerupai manusia yang sedang bersujud.

Di seberang pantai, Anda bisa melihat sebuah pulau kecil bernama Pisang Kecil. Dari pagi hingga sore, Anda bisa berjalan kaki menuju pulau tersebut lewat air dangkal. Namun, jika air sedang pasang, Anda harus naik perahu.

Ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi. Bermain ombak sambil mengumpulkan kulit kerang aneka warna bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Jika lelah, Anda bisa beristirahat di pondok-pondok istirahat yang disediakan warga sekitar.

Pantai Air Manis hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Padang. Objek wisata ini dilengkapi fasilitas umum yang memadai seperti tempat beribadah, toilet, dan tentunya area parkir.

Pada masa pandemi ini, Pantai Air Manis dapat menjadi pilihan destinasi wisata yang aman dikunjungi. Pasalnya, pengelola objek wisata ini menerapkan protokol kesehatan secara tegas dan ketat sebagaimana diatur oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat tentang 30 destinasi wisata adaptif Covid-19.

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak terkenal karena memiliki pasir putih kecokelatan yang bersih. Anda bisa menyaksikan pemandangan yang masih asri di sini.

Tak hanya melihat birunya air laut, Anda bisa menikmati pemanangan pohon-pohon cemara yang tumbuh sepanjang bibir pantai. Jangan heran, angin yang berembus di antara pepohonan tersebut akan membuat Anda lupa waktu.

Lokasi objek wisata ini menghadap langsung ke arah tenggelamnya matahari. Sembari menyaksikan matahari tenggelam, Anda bisa duduk di gazebo yang disediakan.

Area pasir pantai bisa dimanfaatkan untuk arena berolahraga seperti bermain bola kaki atau voli. Di sini, banyak perahu-perahu tradisional milik warga setempat yang dilabuhkan di pinggir pantai.

Jarak objek wisata ini dari pusat Kota Padang sekitar 20-25 km. Walaupun jauh, lokasi Pantai Pasir Jambak mudah dijangkau. Pasalnya, pantai ini memang berada di area permukiman warga.

Sama seperti Pantai Air Manis, Pantai Pasir Jambak merupakan salah satu destinasi wisata yang menerapkan protokol kesehatan secara tegas dan ketat sebagaimana ditatur oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat.

Taman Hutan Raya Bung Hatta

Jika Anda ingin menikmati suasana alam yang sejuk, Anda bisa berkunjung ke Taman Hutan Raya Bung Hatta. Di sini, Anda bisa menyaksikan hutan yang masih asri.

Hawa di lokasi ini sangat sejuk karena berada di pegunungan dan perbukitan yang berada pada ketinggian 300-700 m di atas permukaan laut. Lokasinya berada di perbatasan Padang-Solok yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Padang. Kawasan ini merupakan bagian dari hutan lindung yang masuk kawasan konservasi Bukit Barisan.

Di Taman Hutan Bung Hatta, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Terdapat jalur “tracking” dan fasilitas “outbond” dengan berbagai macam permainan ketangkasan.

Selain itu, anda akan menyaksikan hamparan beragam jenis tanaman dan juga satwanya yang begitu memanjakan mata para pengunjungnya

Kondisi alamnya yang masih sejuk dan asri membuat para pengunjung betah berlama-lama berada di tempat ini Tak hanya menyaksikan alam, Anda bisa melihat hamparan pemandangan keindahan Kota Padang berikut hamparan lautnya.

Lubuk Minturun

Jika Anda ingin menikmati aliran sungai yang jernih dan hamparan pegunungan yang indah, maka Anda bisa berkunjung Lubuk Minturun. Kawasan ini terkenal karena pemandian alamnya yang masih asri.

Nama Lubuk Minturun sudah sangat akrab bagi pecinta wisata alam tempat pemandian. Bahkan dari monumen yang ada, pemandian ini sudah digunakan sejak tahun 1883.

Tak hanya pemandian alam, terdapat sebuah objek wisata baru di Lubuk Minturun bernama Tiger Camp. Di sini, terdapat fasilitas outbound yang memacu adrenalis, seperti seperti flying fox dan motor cross

Jika Anda ingin berlama-lama di sini, tak perlu khawatir. Ada kantin, tempat ibadah, toilet, dan tentunya parkir kendaraan yang disediakan oleh pihak pengelola.

Kawasan Lubuk Minturun dapat diakses oleh wisatawan dari pusat kota Padang dengan jarak sekitar 20 km. (den)

Terpopuler