Ini Program Unggulan Eka-Richi Bidang Pertanian di Tanah Datar

Penulis: Agg

Batusangkar, Padangkita.com – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Eka Putra-Richi Aprian memfokuskan tiga program unggulan di bidang pertanian. Yakni, mekanisasi pertanian untuk menekan biaya produksi, meningkatkan kuota asuransi tani dan pupuk bersubsidi, serta memaksimalkan fungsi irigasi di setiap nagari.

Novitra Kemala, Sekretaris Tim Pemenangan Eka-Richi mengatakan, tiga program itu, tak lain dan tak bukan semata-mata untuk kesejahteraan petani di Tanah Datar.

Novitra menyebutkan, Eka-Richi berkomitmen untuk membantu mengelola tanah dan menampung hasil panen petani melalui unit khusus Dinas Pertanian untuk menekan biaya produksi.

Selain itu, kata Novitra, Eka-Richi juga akan membantu petani dengan menggratiskan peralatan pertanian.

“Seperti bajak, traktor dan mesin potong rumput. Nanti itu gratis, dibentuklah UPT di masing-masing kecamatan dan nagari sehingga biayanya tak lagi dibebankan kepada petani. Dananya bisa dari APBD dan APBN,” kata Novitra, Kamis (05/11/2020).

Sementara untuk menjamin ketersediaan pupuk bagi petani, Eka-Richi berkomitmen mengusulkan penambahan kuota pupuk tersebut.

“Produk pupuk organik daerah juga akan kita ajak berkolaborasi nantinya. Yang tak kalah penting adalah memaksimalkan fungsi irigasi,” ujarnya.

Baca juga: Eka-Richi Tawarkan Program yang Realistis Sesuai Kondisi Tanah Datar

Sebab, lanjut dia, irigasi merupakan urat nadi pertanian. “Kalau perlu kita bikin pompanisasi, karena daerah kita bukan daerah hujan. Kalau ketersediaan air tak terjamin, bagaimana masyarakat mau bercocok tanam,” pungkas Novitra. [*/adv]

Terpopuler

Add New Playlist