Ini Profil Desa Apar Kota Pariaman yang Raih Juara 3 ADWI 2021

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Desa Wisata Apar merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kota Pariaman, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dengan konsep alam budaya dan kearifan lokal.

Desa Wisata Apar menyajikan berbagai macam destinasi wisata, seperti hutan mangrove yang di lengkapi dengan tracking mangrove dan bisa memanjakan mata pengunjung untuk menikmati hutan mangrove yang dilengkapi dengan gazebo-gasebo serta menara pandang.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat berbagai macam jenis-jenis mangrove dan makhluk hidup yang ada di dalam kawasan wisata apar.

Desa Wisata Apar Kota Pariaman
Menparekraf Sandiaga Uno saat berada di Desa Wisata Apar, Kota Pariaman. [Foto: Ist]
Desa Wisata Apar juga memiliki hamparan pantai yang bersih dan biru serta memiliki sunset yang indah, selain pantai Desa Wisata Apar, juga ada konservasi penyu.

Lalu, juga ada daya tarik unik dengan mengangkat kearifan lokal, yaitu aktraksi beruk memetik kelapa di “Sekolah Tinggi Ilmu Beruk”.

Di Desa Wisata Apar, wisatawan bisa melihat langsung beruk memetik buah kelapa tua dan muda.

Uniknya, si beruk setelah menjatuhkan kelapa muda, ia akan lansung memberikan ke wisatawan untuk dinikmati lansung dari pohonnya.

Desa Wisata Apar Kota Pariaman
Kawasan Desa Wisata Apar Kota Pariaman. [Foto: Ist]
Kemudian, Desa Wisata Apar juga memiliki aktraksi kano untuk menelusuri hutan mangrove, serta memberdayakan masyarakat dengan mengolah buah mangrove menjadi minuman dan makanan.

Baca juga: Desa Wisata Apar Kota Pariaman Juara 3 ADWI 2021

Dengan potensi yang dimiliki, kali ini Desa Wisata Apar meraih juara 3 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahu 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist