Ini Penyebab Banyak Kriminal di Pessel Versi Pengamat

Penulis: Redaksi

Padangkita.com – Pengamat Sosial dari Universitas Negeri Padang (UNP) Eka Vidya Putra mengatakan, tingginya angka kriminalitas di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), disebabkan oleh kepadatan moral (perbedaan individu masyarakat).

Ia menjelaskan, salah satunya masalah solidaritas di masyarakat. Di mana hubungan antar masyarakat tidak lagi akrab dan tidak lagi tempat berbagi.

Selanjutnya, tidak bisa berinteraksi, ini yang sudah mulai punah, sehingga saling menutupi persoalan sendiri, sehingga terjadilah bunuh diri dan merampok.

Tidak percaya lagi pada orang lain dan lingkungannya. Makanya pelaku kejahatan melakukan cara-cara yang keluar dari norma yang ada.

Ia menambahkan, salah satu solidaritas sosial itu berkurang adalah karena kepadatan moral. Salah satu solidaritas sosial itu berkurang adalah karena kepadatan moral.

Sebab, toleransi dari lingkungan sosialnya bisa juga karena konsekuensi dari pembangunan dan  pertumbuhan penduduk.

Dikatakannya, karena pembangunan di Pessel sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, artinya dari tertinggal menjadi tak maju.

Akibat dari itu, lanjut Direktur Revolt Institute itu mengatakan, banyak orang datang, banyak pengunjung, sehingga ada budaya baru di situ, akhirnya lahirlah tindak kriminal.

Kemudian, pesatnya perkembangan media internet serta faktor ekonomi adalah dampak ikutan atau faktor selanjutnya dari kepadatan moral itu sendiri.

Terpopuler

Add New Playlist