Ini Langkah Pemko Padang untuk Bangkitkan Pariwisata

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang menyiapkan sejumlah strategi untuk membangkitkan industri pariwisata saat “new normal”,  salah satunya  dengan menggelar “event”.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian menyebutkan, kegiatan wisata yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang memang tak ada lagi, karena semua sudah dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Namun, kata dia, Dinas Pariwisata bersama seluruh unsur komponen pariwisata telah menyepakati “event” yang bakal diselenggarakan menggunakan dana dari pihak ketiga.

“Terus terang untuk tahun ini kegiatan yang bersumber dari Dinas Pariwisata tidak ada. Karena anggaran sudah kita alihkan untuk penanganan Covid-19. Namun, kalau bersama-sama, pasti ada jalan untuk menggelar ‘event’,” kata Arfian kepada Padangkita.com, Selasa (9/6/2020).

Menurut Arfian, pekan lalu pihaknya sudah menggelar rapat bersama komponen pariwisata yang ada di Kota Padang. Dari hasil rapat tersebut, kata Arfian, seluruh komponen pariwisata itu sepakat untuk kembali mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Padang, salah satunya dengan cara menggelar “event”.

“Insyaallah sudah kita sepakati. Mudah-mudahan sudah kembali normal seperti sediakala. Mereka dari pengusaha hotel, restoran maupun seluruh sektor kepariwisataan sudah siap untuk mendukung,” ujar Arfian.

Ditanyai “event” apa yang bakal digelar, Arfian belum bisa menyebutkan. Sebab, saat ini, pihaknya bersama komponen pariwisata masih mematangkan dan saling  memberi masukan maupun ide-ide.

“Bentuk event-nya belum ada bocoran. Tentu kita akan intensifkan lagi bersama pihak terkait. Kemungkinan, kegiatannya kita kaitkan dengan hari jadi Kota Padang, tepatnya 6 Agustus mendatang. Yang jelas kita bakal gelar event yang fenomenal lah,” janji Arfian.

Diberitakan sebelumnya,  Kota Padang memang belum memastikan apakah akan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau memasuki new normal. Namun, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang telah bersiap membuka kembali destinasi wisata yang ditutup sejak April lalu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian menyatakan rencana membuka kembali objek wisata Padang dipastikan setelah masa PSBB jilid III berakhir pada 7 Juni 2020. [ryo]


Baca Berita Padang hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist