Berita

Ini Hasil Survei Pelayanan Publik di Tanah Datar 

×

Ini Hasil Survei Pelayanan Publik di Tanah Datar 

Sebarkan artikel ini
ketua tim LPPM UNAND Padang Ria Ariany saat ekspos hasil survey IKM Pemkab Tanah Datar Tahun 2023 di Indojolito. [Foto : ist]

Batusangkar, Padangkita.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (LPPM) Universitas Andalas Padang (Unand) katakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) ada yang mencapai 99,11.

“Berdasarkan survei pelayanan publik di 40 organisasi perangkat daerah di Tanah Datar sangat baik dengan nilai rata-rata diatas 90,” ungkap ketua tim LPPM UNAND Padang Ria Ariany saat ekspos hasil survey IKM Pemkab Tanah Datar Tahun 2023 di Indojolito Batusangkar, Jumat (26/5/2023) sore.

Diketahui IKM merupakan salah satu tolak ukur untuk menggambarkan persepsi penerima pelayanan publik terhadap pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemberi pelayanan publik, tidak terkecuali Pemerintah Daerah.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Publik, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melakukan IKM melalui LPPM UNAND dari Januari sampai April 2023 terhadap pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Berdasarkan pengalaman kami yang sudah 12 tahun melakukan survei IKM, khususnya untuk Kabupaten/Kota di Sumatra Barat, pada tahun ini Kabupaten Tanah Datar dalam 3 tahun lalu sampai 2023 ini IKM meningkat sangat tinggi karena adanya transfer pelayanan melalui digital,dan mungkin karena berbagai inovasi yang dilakukan oleh masing-masing perangkat daerah,” kata Ria.

Dikatakan Ria, dari 40 perangkat daerah yang dilakukan survei kepada masyarakat selama 4 bulan dengan 2.151 sampel, mendapatkan hasil nilai rata-rata diatas 90 dengan nilai tertinggi 99,11 dan terendah 89.

“Terima kasih dan apresiasi atas kerjasama semua perangkat daerah selama pelaksanaan kegiatan survei ini, kami sekalian mohon pamit,” tukasnya.

Bupati Eka Putra mengatakan hasil survei LPPM UNAND terhadap IKM di Tanah Datar akan dijadikan salah satu tolak ukur dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Terima kasih atas survei dilakukan LPPM UNAND, ini menjadi salah satu tolak ukur kami, tentunya apa yang dicapai ini akan terus ditingkatkan,terutama menciptakan pelayanan publik yang berkualitas,” katanya.

Eka berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) denhan nilai sangat baik untuk mempertahankan pelayanannya, OPD yang nilainya dibawah 90 juga diminta untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan.

Baca JugaAgar Pelayanan Publik Maksimal Usai Libur Lebaran, Bupati Tanah Datar Kumpulkan Semua ASN

“Ke depan selain survey IKM terhadap pelayanan publik hendaknya juga dilakukan survey untuk kepuasan terhadap infrastruktur, seperti jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya,” pungkasnya. [djp]