Ini Dia Tujuh Program Prioritas Kanwil Kemenag Sumbar

Padang, Padangkita.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) telah mencanangkan tujuh program prioritas yang akan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan keagamaan di daerah tersebut.

Tujuh program prioritas tersebut adalah Pertama, Penguatan moderasi beragama, yaitu upaya untuk mendorong masyarakat agar melaksanakan agama secara moderat, toleran, dan damai, tanpa terjebak dalam paham ekstremisme atau radikalisme. Program ini juga melibatkan kementerian lain yang terkait dengan isu-isu keagamaan.

Kedua, Transformasi digital, yaitu upaya untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pelayanan dan pembinaan keagamaan, seperti pengembangan aplikasi, sistem informasi, dan media sosial. Program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas kinerja Kanwil Kemenag Sumbar.

Ketiga, Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), yaitu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan pernikahan, keluarga, dan haji di tingkat kecamatan. Program ini meliputi peningkatan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta standar pelayanan KUA.

Keempat, Kemandirian Pesantren, yaitu upaya untuk memberdayakan pesantren sebagai lembaga pendidikan dan pengembangan keagamaan yang mandiri, berkualitas, dan berdaya saing. Program ini meliputi bantuan dana, fasilitas, dan bimbingan bagi pesantren, serta pengembangan kurikulum, metode, dan jejaring pesantren.

Kelima, Cyber Islamic University, yaitu upaya untuk menyediakan platform pembelajaran online bagi masyarakat yang ingin memperdalam ilmu keagamaan secara fleksibel, mudah, dan terjangkau. Program ini menawarkan berbagai mata kuliah, sertifikat, dan gelar akademik yang diakui oleh Kemenag dan perguruan tinggi mitra.

Keenam, Religiosity Index, yaitu upaya untuk mengukur tingkat religiusitas masyarakat Sumbar berdasarkan indikator-indikator yang objektif, komprehensif, dan terukur. Program ini bertujuan untuk mengetahui kondisi, dinamika, dan tantangan keagamaan di Sumbar, serta merumuskan kebijakan dan program yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kerukunan masyarakat.

Ketujuh, Tahun Kerukunan Umat Beragama, yaitu upaya untuk memperingati dan merayakan keberagaman dan keharmonisan antara umat beragama di Sumbar. Program ini meliputi berbagai kegiatan, seperti dialog, seminar, festival, lomba, dan pameran yang melibatkan tokoh-tokoh agama, pemuka masyarakat, akademisi, seniman, dan media.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Mahyudin, mengatakan bahwa tujuh program prioritas ini merupakan arahan dari Menteri Agama yang harus dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Sumbar.

"Kita berkomitmen agar tujuh program ini bisa terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat Sumbar," ujarnya.

Mahyudin menambahkan bahwa penguatan moderasi beragama dan tahun kerukunan umat beragama menjadi program yang sangat penting dan strategis, mengingat Sumbar merupakan daerah yang memiliki keragaman dan keharmonisan antara umat beragama yang masih terjaga dengan baik.

"Kita harus menjaga dan meningkatkan kerukunan umat beragama di Sumbar, karena ini merupakan modal sosial yang sangat berharga bagi pembangunan daerah kita," ujarnya.

Dalam rangka mensosialisasikan dan mengimplementasikan tujuh program prioritas ini, Kanwil Kemenag Sumbar telah menggelar Media Gathering bersama puluhan media elektronik, online, dan cetak di Mifan Water Park dan Resort Kota Padang Panjang, beberapa waktu lalu.

Ketua tim humas Kanwil Kemenag Sumbar Rizki Ronaldi mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat kolaborasi, koordinasi, dan sinergitas antara Kanwil Kemenag Sumbar dengan media.

Baca Juga: Media Sebagai Pilar Utama Sosialisasi Program Kemenag Sumbar

"Media memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan program-program yang ada di Kemenag. Semoga silaturahmi ini terus terjaga dan media ikut menyuarakan tujuh program prioritas ini kepada masyarakat," ujarnya. [hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Baca Juga

CJH Kloter 7 PDG Terbang ke Madinah, Satu Jemaah Meninggal Sebelum Berangkat
CJH Kloter 7 PDG Terbang ke Madinah, Satu Jemaah Meninggal Sebelum Berangkat
Layanan Hotel dan Dapur Katering di Madinah Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia
Layanan Hotel dan Dapur Katering di Madinah Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia
Kenali Jemaah, Layani dengan Penuh Hati: Pesan Kakanwil Sumbar untuk Petugas Haji
Kenali Jemaah, Layani dengan Penuh Hati: Pesan Kakanwil Sumbar untuk Petugas Haji
Siap Berhaji dan Melayani: Petugas PPIH Sumbar Dilepas Kanwil Kemenag
Siap Berhaji dan Melayani: Petugas PPIH Sumbar Dilepas Kanwil Kemenag
Sumbar Bersiap Jadi Pemimpin Ekonomi Halal Dunia, BI Dukung Penuh Sertifikasi Halal
Sumbar Bersiap Jadi Pemimpin Ekonomi Halal Dunia, BI Dukung Penuh Sertifikasi Halal
Wajib Halal Oktober 2024: Sumbar Siap Dampingi Pelaku Usaha Desa Wisata
Wajib Halal Oktober 2024: Sumbar Siap Dampingi Pelaku Usaha Desa Wisata