Ini Daftar Bencana Alam yang Terjadi Padang Pariaman

Penulis: Fuadi Zikri

Parit Malintang, Padangkita.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman mencatat sejumlah bencana terjadi sejak Rabu (29/9/2021) sore hingga Kamis (30/9/2021) pagi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Padang Pariaman, Budi Mulya menyebutkan, ada sebanyak 28 bencana yang dilaporkan ke pihaknya. Mulai dari bencana longsor, banjir, cuaca ekstrem, hingga pohon tumbang.

“Data sementara ada 28 titik bencana. Sekarang kami masih memvalidasinya di lapangan,” ujar Budi kepada Padangkita.com saat meninjau longsor di Korong Tanah Taban, Nagari Pasie Laweh, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Kamis siang.

Dia menjelaskan, dalam bencana kali ini ratusan rumah warga terendam banjir, belasan pohon tumbang dan ada longsor di beberapa titik. Akibatnya ribuan warga terdampak dan ada yang meninggal dunia.

Berikut daftar bencana yang terjadi di Kabupaten Padang Pariaman yang diperoleh Padangkita.com dari BPBD Kabupaten Padang Pariaman:

Banjir, Bandang, dan Genangan Air

  • Korong Sikuliek, Kapalo Banda, dan Bukik Pagang, Nagari Sungai Buluah Timur, Kecamatan Batang Anai (Merendam puluhan rumah warga dan badan jalan, ketinggian air ± 50 hingga 75 sentimeter dan sudah surut, beberapa warga sempat dievakuasi, dan tidak ada korban jiwa).
  • Korong Lubuak Aro, Nagari Tandikek, Kecamatan VII Koto Patamuan (Banjir bandang menyebabkan tergerusnya badan Jalan dan mengancam bangunan MDA, tidak ada korban jiwa, dan air sudah surut).
  • Korong Parik, Nagari Pauah Kamba, Kecamatan Nan Sabaris (Banjir merendam enam rumah warga, enam kepala keluarga terdampak dan mengungsi, ketinggian air ± 50 hingga 75 sentimeter dan sudah surut, dan tidak ada korban jiwa).
  • Korong Kampuang Tangah, Nagari Padang Bintungan, Kecamatan Nan Sabaris (Banjir merendam beberapa unit rumah warga, seorang orang ibu melahirkan di ungsikan, ketinggian air ± 50 hingga 75 sentimeter dan sudah surut, dan tidak ada korban jiwa).
  • Korong Bukik Gonggang, Nagari Campago, Kecamatan V Koto (Banjir mengenangi beberapa rumah warga dan fasilitas umum, ketinggian air ± 50 hingga 75 sentimeter dan sudah surut, dan tidak ada korban jiwa).
  • Korong Surantiah, Nagari Lubuak Aluang, Kecamatan Lubuak Aluang (Banjir merendam 180 rumah, satu masjid dan 80 hektar lahan pertanian, 105 kepala keluarga terdampak, ketinggian air ± 100 hingga 150 cm dan sudah surut, dan tidak ada korban jiwa).
  • Korong Gunuang Kanter dan Kayu Kapua, Nagari Sungai Buluah Selatan, Kecamatan Batang Anai (Banjir menggenangi beberapa rumah warga dan fasilitas umum, beberapa warga mengungsi dan sudah kembali, ketinggian air ± 75 hingga 100 sentimeter dan sudah surut, dan tidak ada korban jiwa).
  • Perumahan Kasai Peramai dan Perumahan Palapa Regency Permai, Korong Kasai, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai (Banjir merendam Ratusan rumah warga dan fasilitas umum, ketinggian air ± 75 hingga 150 sentimeter dan sudah surut, dan tidak ada korban jiwa).
  • Korong Kali Aie Timur, Kali Aie, dan Tanjuang Basuang I, Nagari Sungai Buluah Barat, Kecamatan Batang Anai (Banjir merendam ± 145 rumah warga dan satu fasilitas oendidikan, 145 kepala keluarga terdampak, ketinggian air ± 100 hingga 150 sentimeter dan sudah surut, dan tidak ada korban jiwa).

Terpopuler