Ini 3 Cara Menurunkan Kadar Asam Urat Secara Alami

Penulis: Wina

Padangkita.com – Pernahkah kamu mengalami penyakit asam urat? Kondisi di mana terdapat gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Bahkan semua sendi di tubuh kita berisiko terkena asam urat. Namun, sendi yang sering terkena asam urat ialah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Kendati pun demikian kita tetap harus waspada dengan sendi-sendi yang lain.

Baca Juga

Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin. Sebenarnya, asam urat merupakan produk limbah yang akan dikeluarkan melalui urine.

Namun, jika tidak disaring dalam darah dan menimbulkan kadar asam urat tinggi atau hiperurisemia, kondisi itu dapat menyebabkan pembentukan kristal.

Saat kristal mengendap di sendi, hal itu akan menyebabkan penyakit asam urat. Umunya penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki-laki, khususnya mereka yang berusia 30 tahun ke atas.

Sedangkan perempuan biasanya muncul setelah terkena menopause. Bagi wanita, kadar asam urat harus di bawah 6 mg/dL, sedangkan pria mesti di bawah 7 mg/dL, dilansir dari Halodoc.

Baca juga: Bisa Dialami Semua Usia, Berikut Cara Ampuh Atasi Asam Urat

Jika asam urat kita bermasalah, lantas apakah cara yang dapat dilakukan agar bisa menurunkan kadar asam urat? Berikut ini akan dipaparka tiga cara alami untuk menurunkan kadar asam urat, dikutip dari Insider.

1. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan yang kita makan itu sangat penting untuk diseleksi. Karena tubuh kita akan mengolah setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Mengatur pola makan juga merupakan kunci penting yang harus dijalani oleh penderita asam urat.

Penderita asam urat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan makanan yang mengandung karbohidrat dan membatasi asupan makanan yang mengandung protein. Penderita asam urat juga sebaiknya sering mengonsumsi sayuran, seperti sayuran ubi jalar, terung dan tomat, brokoli, kentang, dan lainnya.

Dr. Monya De mengungkapkan “Kebanyakan orang makan lebih banyak (purin) daripada yang mereka kira,” ungkap Dr. Monya De, seorang internis di Los Angeles.

Purin merupakan bahan kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan juga bisa ditemukan dalam makanan tertentu. Beberapa makanan yang punya kadar purin tinggi, antara lain: Sayuran, termasuk asparagus, jamur, dan bayam Daging organ dalam.

Seperti hati atau ginjal Kerang dan ikan berminyak, seperti teri dan tuna. Sedangkan makanan di bawah ini memiliki kadar purin rendah, di antaranya:, Telur, Ceri, Kacang dan selai kacang Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak, termasuk keju, susu, dan yogurt.

Terpopuler