Ingatkan Para Pejabat Soal Kinerja, Wako Riza Falepi: Suka Nggak Suka, Pejabat Tak Boleh Gaptek

Penulis: Zulfikar Efendi

Payakumbuh, Padangkita.com – Wali Kota (Wako) Payakumbuh, Riza Falepi terus menggenjot kinerja para pejabat atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah yang ia pimpin.

Saat ini, kata Riza, kinerja pemerintah harus dipacu. “Serius dan kejar target, apalagi untuk urusan pengelolaan keuangan dan Informasi Teknologi atau IT,” ujar Riza saat Rapat Koordinasi Perangkat Daerah dikutip dari situs resmi milik Pemko Payakumbuh, Jumat (10/9/2021).

Saat ini, ucap Riza, Kota Payakumbuh menjadi satu-satunya daerah di Sumatra yang ditunjuk sebagai pilot projek dalam pengembangan Integrated Dashboard Executive oleh PT Telkom Indonesia, Tbk.

Artinya, tegas Riza, akan ada perubahan budaya dimana pemerintah tak butuh banyak orang, jumlah pegawai akan berkurang, maka akan didapatkan kerja efisien.

“Jadi, suka nggak suka, para pejabat tak boleh Gagal Teknologi (Gaptek). Siapkan orang-orang yang paham IT, minimal bisa mengoperasikan komputer dan alat-alat IT di masing-masing dinas,” katanya.

Selain itu, Riza juga mengingatkan agar pengelolaan keuangan di Kota Payakumbuh labih serius.

“Jangan coba main-main di luar regulasi, saya tak akan segan memberikan sanksi atas tindakan penyelewengan,” paparnya.

Lalu, Riza juga meminta agar nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Payakumbuh naik.

Baca juga: Pemko Payakumbuh Alihkan Tempat Isolasi Pasien Covid-19 di Balai Kota Lama ke SKB

“Setidaknya target SAKIP kita bisa di A, minimal A-. Karena itu, tingkatkan kinerja dengan bekerja serius serta manfaatkan sumber daya yang ada,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist