Indonesia Kirim Bantuan Penanganan Covid-19 Senilai Rp32 Miliar untuk Palestina

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memberikan bantuan sebesar 2,3 juta Dolar AS atau sekitar Rp32 miliar untuk Palestina.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan hal tersebut merupakan bentuk komitmen Indonesia untuk membantu Palestina dalam menangani pandemi Covid-19.

Menurut Menlu, saat ini pemerintah Indonesia sedang melakukan komunikasi yang erat dengan otoritas Palestina, UNWRA (Badan Pekerjaan dan Pemulihan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina), dan ICRC (Komite Internasional Palang Merah).

Selain bantuan dana tersebut, Indonesia juga memastikan ketersediaan pasokan vaksin COVID-19 yang adil dan setara untuk Palestina.

“Sebagai salah satu co-chair dari Covax AMC Engagement Group, di urutan terakhir kami juga membahas soal pentingnya memastikan akses dan distribusi yang adil dan setara vaksin untuk rakyat Palestina,” kata Menlu Retno, dalam keterangannya, Kamis (11/2/2021).

Baca juga: 3 Pendaki India Dilarang Mendaki Gunung di Nepal Selama 6 Tahun, Ini Alasannya

Selain itu, Menlu mengimbau Palestina terus bekerja sama menjaga kondisi yang kondusif.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi mengatakan pada 2021 semua pihak harus bekerja keras agar perdamaian antara Palestina dan Israel terjadi.

Menurut Menlu, posisi prinsip Indonesia dalam perjuangan Palestina tetap kokoh dan tidak berubah.

“Dukungan Indonesia terhadap penderitaan Palestina akan selalu didasarkan pada Resolusi Dewan Keamanan PBB dan parameter yang disepakati secara internasional, termasuk solusi dua negara,” katanya.

Menlu menegaskan, pihaknya juga kembali menjajaki kemungkinan pembicaraan jalan damai dan negosiasi yang harus segera dilanjutkan.

“Saya juga menegaskan tentang pentingnya persatuan dan soliditas Palestina. Ini menjadi lebih penting menjelang pemilihan presiden dan parlemen yang direncanakan di Palestina,” tambahnya. [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist