Implementasi SE Gubernur Sumbar, Pemko Padang hanya Tutup Objek Wisata Berbayar 3 Hari Selama Lebaran

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Zulfikar

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemko Padang hanya tutup objek wisata berbayar tiga hari selama lebaran 2021.

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan menutup objek wisata berbayar tiga hari selama lebaran 1442 Hijriah. Penutupan objek wisata itu dimulai pada Kamis (13/5/2021) hingga Sabtu (15/5/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Padang, Arfian mengatakan, penutupan objek wisata berbayar selama tiga hari ini sebagai bentuk implementasi peraturan dari Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) dan Wali Kota Padang terkait pembatasan kegiatan selama hari raya Idulfitri 1442 Hijriah.

“Karena Kota Padang kembali berada pada zona oranye, kami memutuskan objek wisata ditutup untuk sementara waktu,” ujar Arfian saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Selasa (11/5/2021).

Arfian menjelaskan, objek wisata yang ditutup tersebut di antaranya Gunung Padang dan Pantai Air Manis. Sementara, untuk destinasi tak berbayar seperti Pantai Padang dan Pasir Jambak tetap buka dan akan terus diawasi dengan dibantu oleh petugas kepolisian dari Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar dan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang.

“Yang kami awasi langsung hanya objek wisata yang berbayar, yang tidak berbayar akan dibantu oleh petugas dari TNI, Polri serta instansi terkait, namun untuk pedagang di kawasan Pantai Padang dan Muaro Lasak itu sudah kami surati sejak Senin (10/5/2021), memang responsnya bermacam-macam terkait kebijakan itu, tapi itu biasalah,” ungkapnya.

Arfian tidak menampik, dengan ditutupnya objek wisata andalan seperti Pantai Air Manis dan Pantai Padang, akan berdampak terhadap pendapatan daerah.

Baca juga: Hanya 4 Daerah yang Boleh Buka Objek Wisata di Sumbar, Padang, Bukittinggi dan Tanah Datar Harus Tutup

“Namun tidak separah 2020 prediksi kami, karena kami juga ada beberapa event yang akan dilaksanakan,” katanya. [zfk]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler