Berita

HUT ke-354 Kota Padang, DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Baru 

×

HUT ke-354 Kota Padang, DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Baru 

Sebarkan artikel ini
Suasana Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-354 Kota Padang di Gedung Baru DPRD Kota Padang. [Foto : Padangkita]

Padang, Padangkita.com – Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-354 Kota Padang digelar dengan suasana berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar rapat paripurna tersebut di gedung baru yang berada di jalan Bagindo Aziz Chan Nomor 1 Padang atau tepat bersebelahan dengan komplek perkantoran Balai Kota Padang Aie Pacah.

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi, didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen, Amril Amin, Ilham Maulana dan Sekwan Hendrizal Azhar serta dihadiri segenap anggota DPRD Kota Padang.

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-354 Kota Padang.

Selain itu, tampak juga Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, para Bupati dan Wali Kota dari berbagai daerah di Sumbar, unsur Forkopimda, serta juga sejumlah mantan wali kota/wakil wali kota Padang.

Juga terlihat Sekda Kota Padang Andree Algamar, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, Ketua GOW Ny. Arie Ekos Albar, Ketua DWP Kota Padang Ny. Vanny Andree Algamar, kepala OPD, Camat, lurah beserta tamu lainnya.

Memulai rapat paripurna, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi menyampaikan selamat kepada warga kota atas peringatan hari jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023.

“Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-354 Kota Padang merupakan wujud rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Mari kita jadikan HUT Kota Padang sebagai aspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi serta kerja kreatif demi meraih cita-cita dan harapan,” ujarnya.

Suasana Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-354 Kota Padang di Gedung Baru DPRD Kota Padang. [Foto : Padangkita]
Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengajak semua pihak serta masyarakat untuk bersinergi bersama dalam membangun kota, karena Padang merupakan pusat pemerintahan, perdagangan, industri dan pendidikan dan menjadi gerbang Sumatra Barat dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai.

“Di usia yang ke 354 ini kita memberikan sebuah hadiah berupa ‘Galanggang’ untuk masyarakat Kota Padang, sekaligus rangkaian HUT Kota Padang sebagai upaya pemerintah untuk memberikan sejarah kepada warga Padang terutama generasi muda,” ucap Hendri Septa.

Wali Kota berharap bertambahnya usia Kota Padang, semua pihak mempunyai pola pikir, semangat dan bersinergi dengan pembangunan kota yang harmonis dalam keberagaman di tengah masyarakat sehingga kesejahteraan dapat ditingkatkan.

“Meskipun banyak terjadi tantangan namun Pemko Padang terus berupaya mewujudkan visi kota padang yaitu mewujudkan masyarakat kota padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan, pariwisata unggul dan berdaya saing,” lanjutnya.

Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan sejumlah pencapaian Kota Padang diusia ke-354.

Dikatakannya untuk melaksanakan 7 misi dan 11 program unggulan, Pemko Padang akan bertekad untuk membangun Kota Padang sesuai visi misi hingga akhir 2023.

“Masih banyak hal yang harus dilakukan Pemko Padang untuk menyikapi tuntutan perkembangan Kota Padang yang semakin dinamis dengan jumlah penduduk mencapai 1 juta,” katanya.

Tak hanya itu, Hendri Septa mengimbau kepada masyarakat Kota Padang agar selalu meningkatkan kepedulian dan rasa memiliki Kota Padang, dengan harapan setiap fasilitas yang dibangun dijaga dengan baik.

Sementara itu, Sekda Andree Algamar mengatakan peringatan HUT Kota Padang merupakan refleksi perjuangan rakyat Sumatra Barat terutama Kota Padang dalam mengusir penjajahan Belanda.

“Dalam rangka HUT Kota Padang, Pemko Padang telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Padang,” terangnya.

Penyerahan penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat yang atas dharma bakti dan kepedulian terhadap kota Padang

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Padang juga memberikan penghargaan kepada 11 tokoh masyarakat sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih Pemko Padang atas dharma bakti dan kepeduliannya dalam pembangunan Kota Padang.

Adapun 11 tokoh masyarakat penerima penghargaan pin emas itu yakni B. Andoeska bidang seni, budaya dan adat istiadat, H. Ristawardi Dt. Marajo bidang keagamaan.

Kemudian Ir. Ramadhaniati bidang pemberdayaan wanita, Budi Rudianto, MSi bidang sosial, Suri Hamdasir bidang kemanusiaan.

Selanjutnya Syafril Basyir, SH bidang kepemudaan dan olahraga, Virtuous Setyaka, SIP, M.Si bidang penggerak koperasi dan UMKM, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS bidang pendidikan, dr. Asrawati, M.Biomed, SpA (K) bidang kesehatan.

Kemudian Ir. Djoni bidang kemasyarakatan dan Wiztian Yoetri, SH bidang komunikasi dan teknologi informasi.

Baca JugaCatat ya, Ini Dia Jadwal Keseluruhan Rangkaian HUT ke-354 Kota Padang 

“Semoga penghargaan ini dapat memotivasi masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan penyelenggara pemerintahan untuk turut serta dalam pembangunan daerah ke depannya,” pungkas Wali Kota Padang. [*/hdp]