Hujan Deras Sejak Siang Hingga Sore, Banjir Mulai Terjadi di Beberapa Kawasan di Kota Padang

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Sejumlah kawasan di Kota Padang mulai direndam banjir, setelah hujan deras mengguyur ibu kota Sumatra Barat (Sumbar) ini sejak siang hingga sore ini, Kamis (1/10/2020).

Dari pantauan Padangkita.com, banjir atau genangan air terjadi dengan ketinggian yang bervariasi, mulai dari ketinggian 10 sentimeter atau semata kaki hingga ketinggian 20 sentimeter atau selutut orang dewasa.

Baca Juga

Banjir terlihat menggenangi sejumlah ruas jalan hingga permukiman warga. Namun, sejauh ini genangan air terpantau belum sampai masuk rumah warga,

Seperti yang terjadi di wilayah Padang Selatan, Lubuk Begalung, Kuranji, Pauh, Padang Barat serta beberapa daerah lainnya, banjir sudah menggenanin jalan-jalan.

“Kalau hujan masih deras seperti ini sampai malam, tidak lama lagi airnya pasti akan masuk rumah,” kata Wandi, 21 tahun warga Jondul Rawang, Padang Selatan kepada Padangkita.com, Kamis (2/10/2020) sore.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra menyebutkan, telah menyiagakan puluhan personel.

Dia memprediksi, jika hujan dengan intensitas tinggi masih melanda Kota Padang hingga malam nanti berkemungkinan besar akan terjadinya banjir di beberapa titik, seperti daerah Kuranji, Jondul Rawang, Gunung Pangilun, Lubeg dan kawasan lainnya.

“Laporan sementara masih terjadi genangan air. Itu terjadi di titik biasanya yang memang daerah rendah dan itu sudah sering terjadi. Tapi kita sudah siap dan siaga jika terjadi banjir,” kata Sutan.

Sejauh ini, kata dia, selain genangan air, satu pohon tumbang di Teluk Bayur, tepatnya di jalan menuju Lantamal II Padang.

“Jalan tidak terganggu, dan personel kita juga sudah berada di lapangan,” ucap dia. Hingga berita ini dirampungkan, hujan masih mengguyur wilayah Kota Padang. [mfz/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist