HK Operasikan 589 Km JTTS Layani Arus Libur Nataru, Tol Bangkinang - Tanjung Alai Gratis

HK Operasikan 589 Km JTTS Layani Arus Libur Nataru, Tol Bangkinang - Tanjung Alai Gratis

Indahnya jembatan layang Jalan Tol Ruas Pekanbaru – Padang Seksi Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar/Tanjung Alai) yang dibangun di atas lembah. [Foto: Dok. Hutama Karya]

Padang, Padangkita.com - PT Hutama Karya (Persero) memulai rangkaian arus libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 dengan mengukuhkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Mudik Nataru 2023/2024 secara simbolis dalam Kick Off Apel Siaga, di Rest Area KM 36 Jalur A Tol Pekanbaru – Bangkinang, Jum’at (15/12/2023).

Dipimpin oleh Satuan Patroli Jalan Raya Kabupaten Kampar, Apel Siaga tersebut dihadiri oleh Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro selaku Pembina Upacara, dan diikuti oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar Kholis Febriyasmi, Kasat Lantas Polres Kampar AKP Viola Dwi Anggreni, dan Danramil 15/Kuala Kampar Kapten Inf Hendra Barus.

Kemudian, Perwakilan Dinas Damkar dan Penyelamatan serta BNPB Kabupaten Kampar, Direktur Operasi PT Hakaaston Martin Nababan, Direktur Teknik PT Hutama Marga Waskita Joko Purwanto, Ketua Tim Pengawas Satuan Tugas (Satgas) Tjahjo Purnomo, Ketua Satgas Tim Penanganan Jalur Libur Nataru di Jalan Tol Hutama Karya Tahun 2023/2024 Dwi Aryono Bayuaji, beserta seluruh anggota satgas.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan bahwa Apel Siaga ini digelar sebagai tanda bahwa Tim Satgas Jalan Tol Hutama Karya telah siaga menyambut pengguna jalan dan siap untuk memberikan pelayanan terbaik di JTTS. Soal lokasi apel dipilih di Rest Area KM 36 Tol Pekanbaru – Bangkinang, kata dia, karena ingin memperkenalkan rest area fungsional yang baru saja rampung dan akan segera dioperasikan untuk libur Nataru ini.

“Dengan bertambah serta difungsionalkannya beberapa ruas-ruas baru dan prediksi meningkatnya arus kendaraan selama libur Nataru, kami telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah terjadinya kepadatan di gerbang tol, utamanya dengan menambahkan alat mobile reader dan top-upasongan di gerbang tol untuk mempercepat transaksi. Kami juga memastikan pelayanan yang optimal dari petugas di lapangan serta kualitas jalan serta fasilitas di jalan tol khususnya rest areaaman dan nyaman untuk digunakan,” ungkap Koentjoro.

Lebih lanjut Koentjoro menyampaikan, bahwa Hutama Karya memprediksi peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) yang akan melintas di JTTS selama libur Nataru 2023/2024 mendatang meningkat sekitar 24% jika dibandingkan dengan VLL normal.

“Dengan peningkatan trafik yang cukup tinggi, kami berharap kepada seluruh petugas untuk dapat amanah dan totalitas dalam menjalankan tugas serta menjaga kesehatan agar pelayanan libur Nataru dapat berjalan dengan lancar,” ingat Koentjoro.

Setelah Apel Siaga dan pengukuhan berakhir dengan dipencetnya sirene sebagai tanda Jalan Tol Hutama Karya telah siap menyambut pengguna jalan tol yang ingin melakukan perjalanan libur Nataru, Koentjoro juga melakukan pengecekan seluruh armada siaga di Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang untuk memastikan kendaraan patroli, rescue, ambulans, derek dan lainnya sudah teruji.

Agenda ini juga dilanjutkan dengan pembagian 100 merchandise gratis kepada pengguna jalan tol yang berisikan topi, payung dan kartu Uang Elektronik (UE) edisi terbatas dengan desain khusus Nataru 2023/2024.

“Kami berharap dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, arus libur Nataru di JTTS dapat berjalan dengan lancar dan kinerja para personil yang bertugas agar terus memberikan pelayanan optimal, serta sebagai tanda kesiapan seluruh tim memastikan jalan tol yang dikelola sudah aman dan siap dilalui oleh pengguna jalan,” tutur Koentjoro.

Selain itu, peningkatan kualitas jalan tol dengan melakukan pemeliharaan, khususnya pada Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dan Ruas Pekanbaru – Dumai dengan metode beton rigid maupun pemeliharaan rutin seperti scraping, filling & overlay (SFO) atau pengelupasan dan pelapisan kembali juga telah dilakukan.

“Hutama Karya memastikan pemeliharaan tersebut telah rampung hari ini, Jum’at (15/12/2023), sehingga tidak berdampak pada lalu lintas libur Nataru mendatang,” kata Koentjoro.

Selama arus libur Nataru 2023/2024 ini, Hutama Karya mengoperasikan sepanjang 589 km JTTS yang terdiri dari 9 ruas JTTS yang telah beroperasi dengan tarif, yaitu Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung (189 km), Tol Palembang – Indralaya (21,93 km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (17,8 km), Tol Pekanbaru – Dumai (131 km), Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 km), Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat) (11 km), dan Tol Sigli – Banda Aceh (Seulimeum – Blang Bintang) (35,85 km).

Juga ada 2 ruas tol yang berada di Pulau Jawa, yaitu Tol JORR-S (14,25 km) dan Akses Tanjung Priok (11,4 km).

Selain itu, ada 5 ruas yang masih belum bertarif atau gratis, yaitu Tol Indralaya – Prabumulih (64,5 km), Tol Binjai – Langsa (Stabat – Kuala Bingai) (8 km), Tol Indrapura – Lima Puluh (15 km), Tol Sigli – Banda Aceh (Blang Bintang – Baitussalam) (12,7 km), dan Tol Indrapura – Tebing Tinggi (26,23 km) yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita (Hamawas).

Baca juga: Jalan Tol Perdana di Provinsi Tetangga Sumbar Ini Dikebut, Tol Padang – Sicincin Tertinggal lagi?

Selanjutnya, Hutama Karya rencananya akan mengoperasikan tanpa tarif sepanjang 53 km jalan tol yang terdiri dari Tol Bangkinang - Tanjung Alai (24,7 km), Tol Kuala Bingai - Tanjung Pura (19 km) dan Kuala Tanjung - Indrapura (9,47 km). [*/pkt]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Baca Juga

Arus Balik masih Padat, Pengoperasian Fungsional 2 Ruas Tol Trans Sumatra Diperpanjang
Arus Balik masih Padat, Pengoperasian Fungsional 2 Ruas Tol Trans Sumatra Diperpanjang
Pembenahan Lubuk Hantu Tuntas, Jalan Padang Panjang – Bukittinggi di Aia Angek Aman Dilalui
Pembenahan Lubuk Hantu Tuntas, Jalan Padang Panjang – Bukittinggi di Aia Angek Aman Dilalui
Gubernur Mahyeldi Keliling Daerah Tinjau Lokasi Terdampak Bencana Banjir dan Longsor
Gubernur Mahyeldi Keliling Daerah Tinjau Lokasi Terdampak Bencana Banjir dan Longsor
Mulai Besok, Jalan Tol Indah Ini Dibuka Fungsional Persingkat Perjalanan Mudik Sumbar - Riau
Mulai Besok, Jalan Tol Indah Ini Dibuka Fungsional Persingkat Perjalanan Mudik Sumbar - Riau
Jalan Perlintasan KA Bandara di Kasang Diperlebar, Warga: Terima Kasih Pak Andre Rosiade
Jalan Perlintasan KA Bandara di Kasang Diperlebar, Warga: Terima Kasih Pak Andre Rosiade
Mulai Kamis Besok Ruas Tol Trans Sumatra Ini Tak Gratis lagi, Segini Tarifnya
Mulai Kamis Besok Ruas Tol Trans Sumatra Ini Tak Gratis lagi, Segini Tarifnya