Hari Raya Iduladha 1441 H Jatuh pada Hari Jumat 31 Juli

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Pemerintah melalui Kementrian Agama (Kemenag) telah menetapkan hari raya Iduladha 1441 H/2020 M jatuh pada hari Jumat (31/7/2020).

Ketetapan tersebut diperoleh dari hasil sidang isbat yang dilaksanakan Kemenag hari ini Selasa (21/7/2020) di kantor Kementerian Agama dan melalui konferensi video, Jakarta Pusat.

“Berdasarkan hisab, posisi hilal di seluruh Indonesia, maka secara mufakat dinyatakan 1 Zulhijjah 1441 Hijriah pada hari Rabu 22 Juli 2020 dan dinyatakan Idul Adha tanggal 10 Zulhijjah jatuh pada Jumat tanggal 31 Juli 2020,” ujar Menteri Agama Fachrul Razi.

Fachrul menuturkan, informasi hitungan hisab telah terkonfirmasi di 84 titik rukyat yang tersebar di 34 provinsi.

Dari 84 titik rukyat, petugas yang telah disumpah oleh hakim pengadilan agama setempat di lebih dari 12 titik melihat hilal.

Fachrul berharap seluruh umat muslim bisa melaksanakan Salat Idul Adha secara bersamaan.

“Tentu kami berharap seluruh umat Islam secara bersamaan. Ini adalah simbol kebersamaan.”

Sidang Isbat juga dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhyiddin Junaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Sidang juga diikuti perwakilan ormas melalui aplikasi daring. [*try]


Berita ini sebelumnya dimuat Suara.com jaringan Padangkita.com dengan judul: Resmi! Idul Adha 1441 Hijriah Jatuh Hari Jumat 31 Juli  


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist