Hari Pertama Buka, Belasan Petugas Gabungan Awasi Mal di Padang

Padang, Padangkita.com – Status Kota Padang memang baru tahap transisi “new normal” hingga 12 Juni 2020 mendatang. Namun, semua pusat perbelanjaan modern atau mal di Kota Padang telah mulai buka Senin (8/6/2020).

Pantauan Padangkita.com, warga belum terlalu ramai mengunjungi mal. Bisa jadi, warga masih banyak yang khawatir keluar rumah, karena kasus positif Covid-19 di Padang masih tinggi. Atau, mungkin juga karena baru selesai Hari Raya Idulfitri, warga tak banyak berbelanja.

Di pusat perbelanjaan Transmart, yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman, semua pengunjung diperiksa satu per satu, suhu tubuhnya. Semua juga tampak mengenakan masker.

Sebelum masuk ke mal, pengunjung diwajibkan mencuci tangan dan memakai hand sanitizer. Tempat cuci tangan dan hand sanitizer tersebut disedikan pihak mal di depan pintu masuk. Hanya ada satu pintu masuk ke dalam Transmart, yakni hanya pintu utama.

Di dalam mal, para pengunjung kebanyakan berada di toko pakaian, tempat makanan, dan pusat hiburan di lantai atas. Pada hari pertama buka setelah tutup akibat pandemi Covid-19, pengunjung terlihat tak terlalu ramai.

Petugas Pos Pengawasan Protokol Kesehatan Covid-19 di Transmart, Aiptu T Mendrofa mengatakan, pada masa transisi “new normal” ini, ada 12 orang petugas gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP, dan petugas kesehatan melakukan pengawasan.

Tugas utama mereka, kata Mendrofa, adalah memastikan semua orang yang berada di mal itu mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, lanjut dia, petugas juga memberikan imbauan tak hanya kepada pengunjung, tetapi juga kepada karyawan yang ada di mal agar menjalankan protokol kesehatan.

“Kita di sini bertugas memastikan semua pengunjung dan karyawan untuk selalu pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan membatasi jumlah pengunjung yang masuk,” jelas Mendrofa.

Lebih lanjut ia menyebutkan, selain memang dibatasi, pengunjung ke mal juga relatif sepi. Menurut Mendrofa sebaiknya masyarakat untuk sementara di rumah saja. “Kalau memang ada keperluan mendesak barulah ke mal. Tapi ingat, patuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ingatnya.

Sementara itu, di pusat perbelanjaan Plasa Andalas yang terletak di Jalan Pemuda, pengunjung juta terlihat sepi. Selain itu, beberapa toko juga ada yang belum buka.  Sama dengan di Transmart, di Plaza Andalas, semua pengunjung juga diwajibkan cuci tangan dulu sebelum masuk. Mereka diperiksa suhu tubuh satu per satu.

Di mal ini, juga ada tim gabungan TNI/Polri, Satpol PP, dan tenaga kesehatan yang mengawasi semua yang ada di mal mematuhi protokol kesehatan Covid-19. [ryo]


Baca Berita Padang hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist