Hari Ketiga, Belum Ada Calon Independen yang Daftar ke KPU Sumbar

Padang, Padangkita.com – Pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dari jalur perseorangan sudah memasuki hari ketiga. Namun, hingga Selasa (18/2/20202) belum ada calon yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar.

Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, sampai Selasa (18/2/2020) baru satu pasangan calon yang termonitor mengunggah dukungan ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU. Pasangan calon tersebut sudah menghubungi helpdesk KPU Sumbar akan menyerahkan dukungan dan pendaftaran pada hari Rabu (19/2/2020).

Pendaftaran calon perseorangan tersebut juga dimonitor langsung KPU RI dengan mengirim Kepala Biro Hukum (Karo) Sigit Djoyo Wardhono. Tim KPU RI datang untuk melihat sejauh mana kesiapan KPU Sumbar dalam menerima pendaftaran calon perseorangan maupun parpol.

Sigit menilai, KPU Sumbar sudah siap untuk melakukan semua tahapan, termasuk dalam menerima pendaftaran. Namun KPU Sumbar perlu lebih wasapada dan mengantisipasi kemungkinan lain. Di antaranya, jika paslon perseorangan diantar banyak pendukung, karena kapasitas ruangan terbatas.

“Saya melihat KPU Sumbar sudah siap dengan semuanya, baik ruangan, kelengkapan dan personel, untuk menerima pendaftaran calon perseorangan, yang nantinya akan membawa banyak dokumen,” terang Sigit.

Menurut Sigit, kesiapan tersebut tampak dengan komisioner yang proaktif di lokasi penerimaan pendaftaran.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan, targetnya adalah sukses tahapan termasuk pendaftaran sampai pada penetapan besok.

“Target KPU Sumbar adalah suses semua tahapan. Termasuk pendaftaran, pencoblosan, penetapan sampai pelantikan kepala daerah, sehingga perlu kewaspadaan untuk semua tahapan, agar pesta demokrasi ini lebih dinikmati semua pihak,” ulas Amnasmen didampingi komisioner lain seperti Gebril Daulay, Yanuk Sri Mulyani dan Sekretaris Firman. (*/pk-04)

Terpopuler

Add New Playlist