Hari Kedua Ramadan, Puluhan Petugas Rutan Kelas II B Painan Divaksin Covid-19

Penulis: Redaksi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Seluruh petugas rutan ikut mendukung dan menyukseskan program vaksinasi

Painan, Padangkita.com– Sebanyak 31 pegawai yang bertugas di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) disuntik vaksin Covid-19.

Vaksinasi dosis pertama pada bulan ramadan ini dilakukan oleh petugas medis dari Puskesmas Salido, Kecamatan IV Jurai.

Pantauan Padangkita.com, Rabu (14/4/2021) di lokasi, penyuntikan vaksin dimulai pada pukul 09.32 WIB yang diawali dengan registrasi dari Kepala Pengamanan Rutan Kelas II B Painan, Syaril.

Kepala Rutan Kelas II B Painan, Fajar Ferdinan mengatakan sebelum vaksinasi dilaksanakan pihaknya terlebih dahulu menyurati Puskesmas Salido.

Puskesmas tersebut merupakan Puskesmas terdekat yang ditunjuk untuk memberikan vaksin di wilayah Kecamatan IV Jurai.

Fajar menjelaskan, dia dan seluruh petugas rutan ikut mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai Covid 19.

Untuk itu, pihaknya meminta pelaksanaan vaksinasi semakin cepat dilaksanakan. Sehingga tidak ada lagi, keraguan atau rasa kekhawatiran yang muncul akibat asumsi pihak lain.

Menurut Fajar vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuhnya masih tergolong aman. Buktinya, setelah melewati suntik vaksin dan masa observasi setengah jam sesudah vaksinasi, dia tidak merasakan gejala atau efek samping yang fatal bagi kesehatannya.

“Ayo kita sukseskan program pemerintah ini untuk mencegah dan memutus mata rantai Covdi-19,” ulasnya.

Dari pengakuan petugas rutan, sebagian peserta vaksinasi hanya mengalami pegal pada bagian lengan atau bekas suntikkan.

Kemudian, timbul sedikit rasa sakit seperti gigitan semut. Bahkan, pada kejadian lainnya, ada pula mereka yang tidak merasakan apapun.

Namun pada intinya, petugas rutan masih dalam kondisi sehat setelah menjalani vaksinasi.

Meskipun sudah divaksin, petugas di Rutan Kelas II B Painan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Seluruh petugas menggunakan masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan pada sarana yang telah disediakan di pintu masuk utama.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Kadriadi menginformasikan, hingga saat ini vaksinasi masih terus dilanjutkan di seluruh Puskesmas di 15 Kecamatan di Pessel.

Vaksinasi tahap dua tarmen dua yang tengah dilangsungkan sekarang sebenarnya diutamakan untuk masyarakat lanjut usia (Lansia).

Namun seiring waktu berjalan, pergerakan vaksinasi lansia masih beregerak lambat dan jauh dari target.

Target vaksinasi lansia di Pessel sebanyak 37.222 orang. Tapi, hingga Selasa (13/4/2021) jumlah lansia yang sudah berhasil divaksin dosis pertama sebanyak 75 orang.

Sementara, mereka yang telah menjalani suntikkan vaksin dosis kedua hanya empat orang.

“Kita sudah berupaya melakukan sosialisasi di jajaran Puskesmas. Tapi, partisipasi lansia untuk divaksin ini masih kurang. Dan kita, juga tidak boleh pula memaksakan,”tuturnya.

Baca juga: Mencuri Sepeda Motor di Kota Padang, Dibekuk di Kampung Sendiri di Balai Selasa Pesisir Selatan

Untuk itu, dia sangat berharap partisipasi aktif dari lansia dan kepada Puskesmas ia juga telah mengingatkan agar memprioritaskan vaksinasi kepada lansia. [nik/rna]

Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler